Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembeli, Jangan Sampai Beli Rumah Seken yang Penuh Rayap

Kompas.com - 13/05/2023, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Bagi Anda yang hendak memiliki rumah namun persediaan anggaran ketat, maka rumah seken bisa menjadi alternatif.

Selain harga yang lebih murah, rata-rata rumah seken yang dijual sudah siap ditempati sehingga Anda tak perlu mengeluarkan dana untuk renovasi.

Meskipun demikian, Anda harus tetap hati-hati dan teliti sebelum membeli rumah. Banyak masalah tersembunyi yang biasanya baru diketahui setelah Anda tinggal.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Ini 5 Cara Membasmi Rayap di Rumah

Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah rayap. Meskipun tersembunyi, rayap bisa menyebabkan kerusakan struktural yang parah pada bangunan.

Jika Anda hendak membeli rumah, pemeriksaan rayap merupakan hal yang terlebih dahulu harus dilakukan untuk menghindari pengeluaran tak terduga di kemudian hari.

Salah satu tanda rumah yang hendak Anda beli terserang rayap adalah adanya jendela dan pintu yang sulit untuk dibuka atau ditutup.

 

Rayap cenderung menargetkan lokasi seperti jendela dan kusen pintu, di mana ada penampang kayu terbuka dan mudah diakses.

Saat rayap mulai memakan kayu, hal itu dapat menyebabkan jendela dan kusen pintu melengkung, sehingga sulit untuk membuka atau menutupnya dengan benar.

Selain jendela atau pintu yang macet, kerusakan akibat rayap juga dapat menyebabkan jenis masalah struktural lainnya di rumah Anda, seperti alas tiang yang remuk atau platform yang kendur.

Tabung lumpur rayap di sebuah hunianShutterstock Tabung lumpur rayap di sebuah hunian

Tanda kedua yakni munculnya tabung lumpur, yang terlihat seperti urat sempit di sepanjang sisi rumah. Tabung ini biasanya dimulai dari tanah dan mengarah ke area kayu terbuka.

Rayap menggunakan tabung lumpur untuk melindungi diri dari kekeringan di udara dan memungkinkan mereka berpindah dengan aman.

Jika Anda menemukan tabung lumpur dan ingin memastikan apakah terdapat rayap yang hidup, maka hancurkan salah satu area tabung lumpur tersebut.

Baca juga: Kenapa Rayap Bisa Ada di Rumah? Berikut Sebab dan Cara Mencegahnya

Bila dalam pemeriksaan rumah, Anda menemukan ada aktivitas rayap pada properti, maka buatlah kesepakatan dengan sang pemilik.

Anda bisa meminta harga diturunkan atau mungkin meminta pemilik rumah untuk menyingkirkan rayap tersebut terlebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com