Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Eksis, Tangerang Kini Jadi Pasar Rumah Seken Terfavorit

Kompas.com - 24/08/2022, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangerang makin menunjukkan eksistensinya di sektor perumahan. Per Juli 2022, Tangerang tercatat menjadi pasar rumah seken terfavorit.

Berdasarkan Flash Report Rumah123.com, Tangerang menjadi kota dengan pertumbuhan minat rumah seken tertinggi di Indonesia dengan total persentase sebesar 15,6 persen.

Adapun pada kuartal II-2022, Tangerang diketahui menjadi lokasi favorit para pencari rumah dan berhasil mempertahankan posisi selama 2 periode.

Sementara posisi pasar rumah seken terfavorit kedua diraih oleh Jakarta Barat dengan persentase 12,5 persen.

Kemudian posisi ketiga diraih oleh Jakarta Selatan dengan peroleh sebesar 9 persen dari seluruh jumlah permintaan yang tercatat di laman Rumah123.com.

Baca juga: Kenapa Tangerang Kian Diincar Pemburu Rumah?

Sedangkan secara bulanan, kota dengan peningkatan proporsi minat terbesar pada Juli 2022 adalah Jakarta Barat sebesar 0,9 persen.

Setelah itu diikuti oleh Bandung dan Semarang dengan kenaikan masing-masing sebesar 0,6 persen.

Country Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik menjelaskan pengembangan kawasan yang sangat masif di Tangerang menjadikan kota ini jadi pilihan utama para pencari properti dari berbagai daerah, khususnya yang berasal dari Jabodetabek.

"Selain pembangunan jalan tol dan infrastruktur pendukung strategis, pusat bisnis juga tidak sedikit yang mulai didirikan di area Tangerang, sehingga semakin membuat orang-orang tertarik untuk bisa bertempat tinggal di kawasan ini," katanya dalam rilis.

Di sisi lain, harga rumah di Indonesia diketahui naik tipis sebesar 0,3 persen pada Juli 2022 dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca juga: Paling Banyak Dicari, Intip Pilihan Rumah Murah di Tangerang

Secara tahunan, harga rumah juga lebih tinggi 4,1 persen dari bulan Juli 2021. Kondisi ini menjadi angin segar untuk para pebisnis properti hingga akhir tahun nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com