Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Tanahnya Sudah Terdaftar, Yogyakarta Resmi Jadi Kota Lengkap

Kompas.com - 11/05/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Yogyakarta telah resmi menyandang status Kota Lengkap dari Kementerian ATR/BPN pada Kamis (11/05/2023).

Dengan demikian, Yogyakarta menjadi Kota Lengkap keenam di Indonesia setelah sebelumnya Denpasar, Madiun, Bontang, Tegal, dan Surakarta.

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menyampaikan, suatu kota dapat dikatakan lengkap apabila seluruh bidang tanah terpetakan dan lengkap secara spasial maupun yuridis.

"Kalau kita katakan bahwa kota itu adalah Kota Lengkap, maka ada dua hal yang sudah terpenuhi. Pertama adalah baik itu buku tanah maupun surat ukur di dalam sertifikat milik masyarakat secara spasial dan yuridis sudah memenuhi syarat," jelasnya dalam keterangan resmi.

Baca juga: Juni 2023, Jakarta Bakal Jadi Kota Lengkap

Menurut dia, secara spasial, Kota Lengkap ialah apabila tanah di suatu daerah sudah tidak ada gap dan tidak tumpang tindih.

Sementara secara yudiris, baik itu buku tanah maupun surat ukur, apabila diunggah secara elektronik, data fisik dan data yuridisnya akurat.

"Sehingga, kalau kita lihat di peta semuanya menempel, tidak ada yang renggang," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DIY, Suwito mengungkapkan, capaian pendaftaran tanah di Kota Yogyakarta tidak hanya lengkap secara kuantitas.

Aspek kualitas juga terpenuhi dengan capaian data siap elektronik sebanyak 86.654 bidang tanah dari buku tanah sejumlah 89.151 bidang tanah, atau sekitar 97,55%.

"Dengan dideklarasikan Kota Lengkap ini sangat sejalan dengan kebutuhan zaman dan masyarakat di era digitalisasi yang menuntut layanan yang mudah, cepat, dan pasti," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com