Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Kecewa, Harga Makanan di Rest Area Terlalu Mahal

Kompas.com - 23/04/2023, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rest area merupakan salah satu fasilitas di jalan tol yang terbukti sangat membantu para pemudik dalam perjalanan ke kampung halaman.

Di rest area, para pengguna jalan tol bisa memanfaatkan berbagai fasilitas mulai dari toilet, masjid hingga tempat makan.

Namun apa jadinya bila para harga makanan di salah satu rest area dinilai terlalu mahal dan justru merugikan para pemudik?

Pengalaman tak mengenakan ini baru saja dialami oleh Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sigit Widodo.

Baca juga: Kementerian PUPR Sediakan 9.008 Toilet Gratis di Rest Area

Dalam akun twitternya, @sigitwid, Sabtu (22/4/2023), Sigit menyampaikan keluh kesahnya mengenai salah satu restoran di rest area KM 86A Tol Cipali.

Menurut Sigit, di salah satu warung makan bernama Hadea, ia memesan dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan.


Saat hendak membayar, ia harus merogoh kocek Rp 155.000. Bahkan, dikatakan penjual di warung tersebut juga ngotot dibayar setelah makan.

Tentu saja, harga tersebut termasuk dalam kategori yang sangat mahal. Bila dibandingkan dengan total harga umumnya, maka harusnya tidak sampai dengan Rp 100 ribu.

Sigit ternyata tidak sendiri. Dalam kolom reply Twitter Sigit, banyak pengguna twitter yang juga mengeluhkan mahalnya harga gerai makanan di Rest Area

Baca juga: Hanya Semalam, Tol Cipali Dilintasi 121.000 Kendaraan

Akun @Febyfiona bahkan mengatakan dirinya merasa terjebak karena membeli 1 sachet kopi kemasaan seharga Rp 20.000. 

Sama halnya dengan pengalaman dari akun @Bagasta8. Ia bercerita tentang pengalaman liburannya tahun lalu dan mampir ke rest area Tol Merak-Surabaya. 

Menurutnya rasanya tidak jelas dan harganya relatif mahal sehingga ia menyarankan untuk membeli makanan dan minuman di gerai franchise. 

Tentu ini bisa menjadi evaluasi bagi pihak pengelola rest area untuk memperbaiki lagi layanan bagi konsumen kedepannya terutama soal besar harga di tempat makan.

Sanksi buat Pemilik Warung Makan

Menanggapi cuitan yang viral terkait rest area yang ada di jalan Tol Cipali, ASTRA Tol Cipali selalu pengelola menyampaikan akan memberikan sanksi terhadap pemilik kios warung makan terkait. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com