Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengoperasian Rest Area Saat Lebaran, Durasi Istirahat 30 Menit hingga Kendaraan Barang Tak Boleh Parkir

Kompas.com - 10/04/2023, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menyiapkan sejumlah rencana terkait pengoperasian rest area di jalan tol pada momen mudik Lebaran 2023.

Sebab, berkaca dari Lebaran 2022, penumpukan kendaraan di rest area menjadi salah satu penyebab kemacetan di jalan tol.

Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyampaikan, tahun lalu rest area itu penyebab kemacetan karena kapasitasnya tidak bisa menampung pengguna jalan.

"Semua orang ingin masuk, sementara kapasitas sudah tidak ada. Sehingga semua orang memaksakan berhenti mengambil di bahu jalan dan bahkan ada yang di ruas," ujarnya dalam Briefing Mudik 2023 bersama Kemenhub yang digelar Kompas.com secara virtual pada Senin (10/4/2023).

Baca juga: Rest Area Baru di Tol Cipali Siap 17 April, Segini Kapasitasnya

Maka dari itu, Pemerintah melakukan sejumlah upaya agar penumpukan pemudik rest area tidak terulang pada tahun ini.

Upaya yang dimaksud salah satunya dengan menambah rest area di jalan tol. Contohnya rest area sementara di Tol Cipali Km 81.

"Kemarin kita juga meninjau di Km 81 kalau enggak salah itu ada rest area temporary untuk parkir, untuk MCK, untuk shalat, itu di ruas Cipali ditambah 1 lagi. Di beberapa ruas tol yang lain juga akan dilakukan hal yang sama," terangnya.

Adita menjelaskan, selain penambahan rest area, Pemerintah juga akan memberlakukan penggunaan rest area maksimal 30 menit dan melakukan rekayasa alur kendaraan yang masuk.

"Kalau dulu orang masuk langsung parkir sekarang masuk akan diputar dulu untuk sampai akhirnya mendapatkan parkir supaya aliran yang dari pintu masuk ke rest area sampai ke dalamnya itu tetap bisa lancar," jelasnya.

Baca juga: Truk Dilarang Lewat Tol saat Mudik Lebaran, Kecuali Bawa Barang Ini

Selain itu, Pemerintah telah meminta agar kendaraan barang yang terkena pembatasan operasional tidak parkir di rest area.

"Kita sudah meminta kepada kendaraan-kendaraan barang yang pada saat mudik diberlakukan pembatasan tidak boleh lagi parkir di dalam rest area," katanya.

"Tahun lalu karena terkena pembatasan, mereka parkir di rest area dan itu memakan parkiran luar biasa banyaknya sehingga mobil-mobil mudik malah tidak dapat bagian," tutur Jubir Kemenhub itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com