Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kota di Indonesia Masuk Daftar Smart City Dunia Lho, Ini Lengkapnya

Kompas.com - 05/04/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga kota yang ada di Indonesia yakni Jakarta, Medan dan Makassar masuk dalam daftar kota pintar (Smart City) Dunia.

Daftar tersebut merupakan bagian dari IMD Smart City Index Report (SCI Report) yang dirilis oleh The Smart City Observatory (SCO).

Studi ini dilakukan dengan menggabungkan data di lapangan serta survei kepada masyarakat setempat.

Hasil analisis kedua sumber data tersebut akan menunjukkan sejauh mana teknologi menolong sebuah kota mengatasi tantangan demi menjadi lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Baca juga: Ada Bincang Smart City IKN di Pameran Arsitektur ARCH:ID

Dari 144 negara di seluruh dunia yang masuk daftar, tiga kota asal Indonesia masuk dalam peringkat diatas 100.

Ibu Kota Negara Indonesia yakni Jakarta, berada di posisi 102. Sementara itu, Ibu Kota Sumatera Utara, Medan, ada di posisi 112.

Kota ketiga adalah Kota Makassar yang merupakan Ibu Kota Sulawesi Utara. Kota yang dikenal sebagai pusat perekonomian kawasan Indonesia Timur ini berada di peringkat ke 114.

Baca juga: IKN Nusantara Diklaim Berkonsep Smart City, Bagaimana Cara Mengukurnya?

Di peringkat pertama, ada kota Zurich di Swiss yang mana selama 4 tahun terakhir menduduki peringkat pertama dalam daftar kota pintar dunia.

Sementara itu, empat kota lain yang berada dalam posisi 5 besar yakni Oslo (Norwegia), Canberra (Australia), Copenhagen (Denmark) dan Lausanne (Swiss).

Kota Singapura (Singapura) ada di peringkat ke 7 dan menjadi satu-satunya kota dari Asia yang ada dalam posisi 10 besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com