Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bakal Punya Bandara Perairan buat Pesawat Amfibi

Kompas.com - 22/03/2023, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah merancang regulasi pembangunan dan pengoperasian bandara perairan atau waterbase.

Infrastruktur ini diharapkan bisa menjadi fasilitas penunjang pengoperasian pesawat air atau seaplane di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, seaplane juga akan menunjang konektivitas hingga ke pelosok daerah, serta mendukung potensi pariwisata.

"Seaplane menjadi salah satu alternatif angkutan, untuk tempat-tempat yang jauh dari bandara. Kalau lewat darat jaraknya jauh dan waktu tempuhnya lama, tetapi kalau naik seaplane bisa lebih cepat," ujar Menhub, dikutip dari laman resmi Kemenhub (Rabu (22/3/2023).

Saat ini Pemerintah tengah menentukan sejumlah tempat yang membutuhkan kehadiran pesawat air tersebut.

Sejumlah daerah potensial untuk didarati pesawat amfibi yang mampu mendarat di perairan, meliputi Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, Maluku, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

"Bahkan di Kepulauan Riau dan dari Nusa Tenggara Barat ke Bali sudah cukup konsisten menggunakan seaplane untuk kepentingan tertentu," imbuh Menhub.

Baca juga: Bisa Jadi Runaway Pesawat, Jalan Arteri Primer IKN Didesain Bebas Kabel

Sejalan dengan rencana ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Akademi Penerbang Indonesia (API) di Banyuwangi tengah menyiapkan SDM yang akan mengoperasikan seaplane.

Persiapan dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan pilot seaplane. API Banyuwangi merupakan satu-satunya di Asia Tenggara yang menyediakan pendidikan penerbangan air dan akan mencetak pilot-pilot seaplane andal.

Sebagai informasi, pada bulan Februari 2023, Kemenhub melalui API Banyuwangi telah melakukan demonstrasi dan uji coba penerbangan pesawat air sebagai sarana angkut penonton maupun wisatawan yang menyaksikan event F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara.

Ini merupakan pertama kalinya dilakukan pendaratan seaplane di atas danau dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com