Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Medan Terima Jalan, PJU dan Drainase dari 18 Perumahan

Kompas.com - 03/12/2022, 10:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan kembali menerima Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) dari 18 perumahan. Dari 18 perumahan yang menyerahkan PSU, tinggal 9 perumahan yang masih dimiliki pengembang.

Penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama tiga perumahan.

Mereka adalah PT Agra Citra Kurnia (Perumahan Citra Garden), PT Wiratama Satyahusada (Perumahan Graha Martubung Tahap 1) dan perwakilan warga Perumahan Johor Indah Permai 2 di Balai Kota Medan.

Baca juga: Gedung Baru Kejari Medan Roboh, Pengamat Anggaran: Usut Tuntas Pelakunya

Hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan Wahyu Sabrudin dan Kepala Kejari Belawan Nusirwan Sahrul.

Bobby mengapresiasi para pengembang yang telah melakukan kewajibannya kepada Pemkot Medan. Penyerahan PSU meringankan beban dan tugas para pengelola dalam memberikan layanan optimal kepada para penghuni perumahannya.

PSU yang diserahkan seperti jalan, lampu penerangan, drainase dan akan menjadi tanggung jawab Pemkot Medan.

"Saya contohkan, saat banjir kemarin, masyarakat yang berada di perumahan menginginkan drainasenya dinormalisasi. Kalau PSU belum diserahkan, kami tidak bisa menormalisasinya," kata Bobby, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (2/12/2022).

Bobby berpesan kepada pengembang yang belum menyerahkan PSU-nya agar segera melaksanakannya.

"Mari kita berkolaborasi, teman-teman pengembang lain yang belum menyerahkan PSU kepada Pemkot Medan untuk segera diserahkan sehingga masyarakat merasa nyaman,” imbaunya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan Endar Sutan Lubis menambahkan, aset yang diserahkan ke-18 perumahan meliputi: total luas prasarana 163.513 meter persegi, total luas sarana 16.539 meter persegi dan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sebanyak 452 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com