Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Ditarget Kelar Maret 2023, Ini Progresnya

Kompas.com - 01/11/2022, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending ditargetkan selesai pada Maret 2023 mendatang.

Selesainya Seksi 4A akan melengkapi Seksi 1-3 yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 silam.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain mendukung akses wisata, Tol Paspro juga akan memperlancar mobilisasi kegiatan bongkar muat logistik di Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo.

"Bahkan juga wilayah di sekitarnya seperti Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo Pasuruan, dan Malang, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” terang Basuki dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Selasa (01/11/2022).

Baca juga: Jangan Khawatir Kehabisan Bensin, SPBU Pertamina dan BP Ada di Tol Pasuruan-Probolinggo

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, kehadiran Jalan Tol Paspro ini dapat mengurangi kepadatan di Jalan Nasional Pasuruan-Probolinggo sekitar 50-60%.

"Serta menjadi akses alternatif jalur wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru," tandasnya.

Tol Paspro memilki total panjang 43,75 km yang terdiri empat seksi. Tiga di antaranya telah beroperasi.

Yakni Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, dan Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km.

Sementara ruas tol yang masih dalam proses pembangunan ialah Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km, dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km.

Baca juga: Dua Seksi Tol Becakayu Masuki Akhir Persiapan Pengoperasian, Ini Lokasinya

Untuk Seksi 4A masih dalam tahap konstruksi dengan progres 66,21% dan ditargetkan selesai Maret 2023 mendatang.

Dengan pembebasan lahan sudah mencapai 97,4%, dan dilanjutkan Seksi 4B dari Simpang Susun Gending hingga akhir proyek sepanjang 3,8 km.

Pembangunan Tol Paspro dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dengan nilai investasi Rp 6,3 triliun dengan hak konsesi selama 50 tahun.

Jalan tol ini memiliki empat Simpang Susun (SS) yakni SS Tongas, SS Probolinggo Barat, SS Probolinggo Timur, dan SS Gending.

Terdapat empat buah rest area tipe B yang berada di masing-masing lajur, yakni 2 jalur kiri dan 2 jalur kanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com