Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seksi 2 Dioperasikan Akhir Tahun, Semarang-Demak Cuma 45 Menit via Tol

Kompas.com - 23/10/2022, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ruas Jalan Tol Semarang-Demak dipersiapkan untuk bisa beroperasi akhir tahun 2022. Jadi bisa digunakan pada saat libur natal dan tahun baru.

Hal itu pun telah dikemukakan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit ketika memeriksa kesiapan tahap akhir penyelesaian konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak pada Jumat (21/10/2022) lalu.

Sejauh ini, progres pengerjaan ruas sepanjang 16,31 km tersebut sudah mencapai 97,82%.

"Harapan kita pada akhir tahun ini Seksi 2 bisa dioperasikan untuk mendukung pelaksanaan libur natal dan tahun baru, ataupun dapat difungsionalkan jika belum keluar SK pengoperasiannya dan dinikmati oleh masyarakat bersama-sama," ujar Danang dikutip dari laman BPJT.

Menurutnya, selesainya jalan tol ini menjadi kunci untuk mengurai kemacetan sangat tinggi yang sering dialami pengendara di Jalan Nasional Pantura sampai menuju ke Demak.

Baca juga: Siap-siap, Tol Pekanbaru-Bangkinang Dioperasikan Tanpa Tarif Akhir Oktober

"Selain itu juga jalan tol ini memberikan akses yang mudah menuju Kota Demak, dan tentunya dapat meningkatkan interaksi ekonomi, meningkatkan pariwisata, hingga mendukung kelancaran arus logistik dari Barat ke Timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta," terangnya.

Jalan Tol Semarang-Demak dikenal sebagai jalan tol atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang.

Di samping itu juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Sementara, Direktur Utama PT PP Semarang-Demak Siswantono menyampaikan, Tol Semarang-Demak Seksi 2 ini siap dioperasikan sepenuhnya pada awal Januari 2023.

Rencananya pada November dan Desember sudah bisa dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Dia pun berharap kehadiran jalan tol ini dapat membantu mengurai kemacetan bagi pengguna jalan yang lewat dari Semarang ke Demak.

Baca juga: Akhir 2022, Banda Aceh-Seulimeum Ditarget Telah Terhubung Tol

Karena saat ini kemacetan kendaraannya bisa mencapai 2 Jam lamanya.

"Sehingga setelah Jalan Tol Seksi 2 ini beroperasi bisa ditempuh 45 menit perjalanan saja dan semakin lebih cepat," tukasnya.

Untuk diketahui, Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi.

Yakni Seksi 1 Semarang-Sayung sepanjang 10,69 km yang merupakan porsi Pemerintah dan saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT PP Semarang Demak yang ditargetkan akhir tahun ini selesai konstruksi seluruhnya dan dapat dioperasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com