Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Begini Progres Tol Kuala Tanjung-Parapat

Kompas.com - 15/10/2022, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Marga Waskita atau Hamawas tengah menggenjot pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dengan total panjang sekitar 103 kilometer untuk sebagai akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ruas tol ini terbagi atas empat seksi dan 1 junction yakni Seksi 1 Tebing Tinggi-Inderapura 20,4 kilometer, dan Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung 18,05 kilometer.

Selanjutnya, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan 30 kilometer, serta Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar 28 kilometer, dan junction Tebing Tinggi 7 kilometer.

Artikel tersebut menjadi berita populer dalam kanal Properti Kompas.com edisi Sabtu (15/10/2022).

Lantas, sampai mana progres pembangunan Tol Kuala Tanjung-Parapat?

Anda bisa mengetahui informasi selengkapnya melalui tautan berikut Progres Terbaru Tol Kuala Tanjung-Parapat, Akses Menuju KSPN Danau Toba.

PT Hutama Karya (Persero) dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam membangun proyek baru di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut).

Agar sesuai mutu dan target waktu kontrak penyelesaian pada September tahun 2023, perusahaan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM).

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi menjelaskan, teknologi tersebut dipakai untuk merancang desain yang optimal.

"Kami berharap, dengan digarap dan dirampungkannya proyek penataan KSPN Toba nantinya akan meningkatkan target perolehan devisa Indonesia, serta menjadi destinasi pariwisata yang menarik minat wisatawan," ucap Gunadi sebagaimana dikutip dari siaran pers, Jumat (14/10/2022).

Untuk mengetahui informasi lengkap terkait proyek KSPN Danau Toba, Anda bisa membaca beritanya di sini Percepat Proyek KSPN Danau Toba, Hutama Karya Gunakan Teknologi BIM

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengklaim jalur rel kereta api (KA) Pangrango rute Bogor-Sukabumi (PP) aman dilalui.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, Jumat (14/10/2022), pernyataan tersebut merupakan tanggapan atas informasi terjadinya pergerakan tanah di Km 6+6/7 petak jalan Stasiun Batutulis-Stasiun Maseng.

Sejak terdapat info pergerakan tanah, tim prasarana Daop 1 Jakarta terus melakukan pengecekan di lintas tersebut.

Melalui hasil pengecekan seluruh kondisi prasarana, jalur rel dinyatakan aman dan tidak ada kendala untuk operasional KA. Hingga kini pemantauan terus dilakukan.

Tim prasarana Daop 1 Jakarta juga telah menempatkan petugas khusus di pos penjagaan daerah rawan untuk melakukan pemantauan secara berkala.

Informasi lengkap terkait hal ini bisa Anda baca melalui tautan berikut KAI Klaim Jalur Rel Kereta Api Pangrango Aman Dilalui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com