Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ringkas dan Sederhana Menghias Balkon Kecil

Kompas.com - 03/10/2022, 21:00 WIB
Monica Noviola,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mendekorasi balkon kecil bisa sedikit rumit karena keterbatasan ruang, tetapi masih banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya indah, nyaman, dan fungsional.

Dalam menciptakan ruang luar yang nyaman, Anda tidak diharuskan memiliki ukuran yang luas. Jika tidak yakin harus memulai dari mana, berikut beberapa ide balkon kecil untuk membantu Anda memaksimalkan ruangan.

Tetap nyaman

Menjadikan balkon yang terasa nyaman sekaligus menjadi tempat perlindungan, Anda memerlukan beberapa perabotan lembut, pencahayaan hangat, dan dekorasi yang menenangkan.

Mulailah dengan menambahkan karpet. Tidak hanya akan membawa kehangatan, tetapi juga akan memberikan permukaan untuk kaki Anda beristirahat.

Baca juga: 3 Cara Mudah Bikin Balkon Apartemen Anda Lebih Privat

Tambahkan bantal-bantal di tempat duduk Anda. Bisa berupa bangku kecil, kursi atau bahkan tempat duduk bawaan.

Tidak peduli apa yang Anda pilih, detail kecil ini akan membuat balkon terasa seperti ruangan baru.

Tambahkan cahaya hangat seperti lampu benang, lentera dan lilin sebagai penerang ruang kecil pada malam hari.

Jangan lupa untuk menaburkan beberapa tanaman dan bunga (nyata atau palsu) ke seluruh ruangan.

Jika Anda benar-benar kekurangan ruang, mengapa tidak mencoba menutup tempat tidur gantung sebagai gantinya? Tidak ada yang lebih keren daripada terkurung di dalam tempat tidur gantung yang lembut!

Pilih furnitur hemat ruang

Saat mendekorasi balkon kecil, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memikirkan kembali furnitur. Anda harus menurunkan skala dan memilih bagian yang tepat.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk furnitur luar ruangan. Cobalah menggunakan kembali furnitur lama menjadi sesuatu yang lebih cocok, seperti bangku kecil sebagai meja samping, atau palet kayu bertumpuk dengan bantal di atasnya untuk area tempat duduk santai.

Dekor dinding Anda

Untuk menghemat ruang lantai, pikirkan secara vertikal dalam hal dekorasi. Tambahkan lampu aksen dekoratif dan tanaman ke dinding balkon Anda untuk memaksimalkan ruang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com