Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Ringkas dan Sederhana Menghias Balkon Kecil

Dalam menciptakan ruang luar yang nyaman, Anda tidak diharuskan memiliki ukuran yang luas. Jika tidak yakin harus memulai dari mana, berikut beberapa ide balkon kecil untuk membantu Anda memaksimalkan ruangan.

Tetap nyaman

Menjadikan balkon yang terasa nyaman sekaligus menjadi tempat perlindungan, Anda memerlukan beberapa perabotan lembut, pencahayaan hangat, dan dekorasi yang menenangkan.

Mulailah dengan menambahkan karpet. Tidak hanya akan membawa kehangatan, tetapi juga akan memberikan permukaan untuk kaki Anda beristirahat.

Tambahkan bantal-bantal di tempat duduk Anda. Bisa berupa bangku kecil, kursi atau bahkan tempat duduk bawaan.

Tidak peduli apa yang Anda pilih, detail kecil ini akan membuat balkon terasa seperti ruangan baru.

Tambahkan cahaya hangat seperti lampu benang, lentera dan lilin sebagai penerang ruang kecil pada malam hari.

Jangan lupa untuk menaburkan beberapa tanaman dan bunga (nyata atau palsu) ke seluruh ruangan.

Jika Anda benar-benar kekurangan ruang, mengapa tidak mencoba menutup tempat tidur gantung sebagai gantinya? Tidak ada yang lebih keren daripada terkurung di dalam tempat tidur gantung yang lembut!

Pilih furnitur hemat ruang

Saat mendekorasi balkon kecil, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memikirkan kembali furnitur. Anda harus menurunkan skala dan memilih bagian yang tepat.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk furnitur luar ruangan. Cobalah menggunakan kembali furnitur lama menjadi sesuatu yang lebih cocok, seperti bangku kecil sebagai meja samping, atau palet kayu bertumpuk dengan bantal di atasnya untuk area tempat duduk santai.

Dekor dinding Anda

Untuk menghemat ruang lantai, pikirkan secara vertikal dalam hal dekorasi. Tambahkan lampu aksen dekoratif dan tanaman ke dinding balkon Anda untuk memaksimalkan ruang.

Gunakan solusi penyimpanan vertikal seperti rak gantung, papan pasak, keranjang dinding, dan kait untuk memanfaatkan setiap inci ruang yang tersedia di balkon Anda. Pilih potongan yang melengkapi dekorasi serta kebutuhan fungsional Anda.

Jaga agar palet warna tetap kohesif

Teori warna adalah subyek yang kompleks, tetapi salah satu cara sederhana untuk memastikan bahwa skema Anda bekerja adalah dengan memilih dasar netral.

Pilihlah warna putih atau abu-abu (Anda tidak akan pernah salah dengan netral), dan menambahkan warna melalui aksesori.

Basis netral akan membantu menjaga skema tetap kohesif dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk memasukkan warna-warna cerah ke dalam ruang tanpa membuatnya terlihat terlalu berantakan.

Saat mendekorasi area luar ruangan, manfaatkan alam. Keikutsertaan untuk tanaman hijau dan bunga berwarna-warni akan menambah semburan warna pada skema keseluruhan.

Menampilkan tanaman secara vertikal

Penanam gantung adalah cara lain yang mudah untuk menambahkan dedaunan tanpa mengambil ruang lantai yang berharga.

Jangan lupa menggunakan pagar balkon Anda. Gunakan penanam pagar (overstock) untuk mengakses pagar balkon Anda. Opsi ini tidak hanya menghemat ruang tetapi juga memberikan ukuran privasi.

Jangan lupakan lantai

Saat mendekorasi balkon, terlalu mudah untuk fokus pada melengkapi balkon kecil Anda dan mengabaikan lantai.

Tetapi jika Anda akan membuat ruang kecil ini senyaman dan segaya mungkin, maka perlu memastikan bahwa setiap inci penting.

Gunakan lampu tumblr

Lampu tumblr kecil menambah dorongan besar suasana ke ruang kecil dan merupakan satu hal yang harus selalu Anda miliki di balkon.

Pilihlah lampu yang dioperasikan dengan baterai yang tidak membutuhkan listrik untuk bekerja, dengan ini Anda tidak perlu repot.

Cobalah tempat tidur gantung atau kursi gantung

Kursi gantung tidak hanya menciptakan lebih banyak ruang lantai tetapi juga menambah sentuhan imajinasi dan kesenangan.

Anda punya beberapa opsi di sini; kursi telur sangat cocok jika Anda mencari sesuatu yang modern, nyaman, dan nyaman.

Tempat tidur gantung sangat bagus untuk bersantai dalam waktu lama sementara ayunan gantung sangat cocok untuk anak-anak (dan orang dewasa).

Ciptakan privasi

Menciptakan privasi mungkin sangat berguna jika Anda ingin menggunakan balkon untuk beberapa hal seperti bersantai dan bekerja.

Tambahkan layar, tanaman tinggi, tirai, atau terali ke balkon untuk menciptakan penghalang visual untuk ruang Anda.

Tergantung pada jenis yang Anda pilih, mereka juga dapat melindungi ruang dari sinar matahari langsung dan tentu saja, dari mengintip mata di luar.

Pembatas yang dekoratif dan menarik akan membuat ruangan terasa unik, nyaman, dan lebih mengundang. Anda bisa menjadi sangat kreatif dengan ini!

Balkon kecil tidak menutup kemungkinan untuk membuatnya bergaya, fungsional, dan santai.

Jadilah kreatif! Bereksperimenlah dengan warna, biarkan aksen dekoratif favorit Anda bersinar, dan jangan lupa untuk membuatnya tetap nyaman.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/03/210000421/cara-ringkas-dan-sederhana-menghias-balkon-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke