Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Atap Terbaik untuk Pemasangan Panel Surya

Kompas.com - 15/09/2022, 11:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Roof Maxx

JAKARTA,KOMPAS.com - Selama beberapa dekade terakhir, cukup banyak orang mulai beralih menggunakan panel surya sebagai sumber listrik di kediaman mereka.

Bila Anda juga hendak memasang panel surya, salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah jenis atap yang digunakan.

Umumnya, untuk kebutuhan rumah tangga panel surya dipasang di area atap. Ini dimaksudkan agar panel mendapatkan paparan sinar matahari yang maksimal sehingga bisa menghasilkan output listrik yang besar.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Tak Perlu Memiliki Panel Surya di Rumah

Seperti dikutip dari Roof Maxx, Berikut jenis atap terbaik yang bisa menjadi pilihan penutup rumah bila ingin memasang panel surya.

Atap logam

Atap logam dengan jahitan berdiri merupakan kandidat yang sempurna jika Anda ingin melakukan pemasangan panel surya.

Untuk memasang panel surya di atap jenis ini, Anda tak perlu melakukan pengeboran sehingga bisa mengurangi biaya tenaga kerja.

Selain itu, atap logam juga memberikan refleksi tambahan sehingga matahari bisa dipantulkan ke panel surya dan menjaga rumah tetap dingin.

Genteng bitumen

Genteng bitumen merupakan pilihan atap yang cocok untuk pemasangan panel suryaShutterstock Genteng bitumen merupakan pilihan atap yang cocok untuk pemasangan panel surya
Atap aspal yang sering disebut genteng bitumen merupakan salah satu pilihan atap rumah yang cocok bila dipasangi oleh panel surya.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Pastikan Pengadaan Tanah IKN Akomodasi Hak Masyarakat Adat

Atap ini mengandung material fiberglass atau selulosa yang sangat fleksibel dan tahan lama, menjadikannya bahan yang sempurna.

 

Atap terakota

Atap terakota merupakan pilihan terbaik untuk memasang panel suryaShutterstock Atap terakota merupakan pilihan terbaik untuk memasang panel surya
Atap terakota merupakan pilihan atap berikutnya yang direkomendasikan untuk pemasangan panel surya.

Proses pemasangan biasanya membutuhkan pelepasan atap untuk mencegah kerusakan. Selain itu, kaki panel surya harus diikat langsung ke atap agar tetap kokoh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com