Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Bendungan Sei Gong, Penopang Kebutuhan Air Baku Batam

Kompas.com - 08/09/2022, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Sei Gong di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, memiliki peranan penting untuk mendukung program ketahanan air di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Bendungan yang kelar dibangun 2019 silam ini dibutuhkan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di Kota Batam.

Mengingat sumber air di Kepri rata-rata berasal dari air hujan, sementara pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Batam sebagai pusat industri ditambah kepadatan penduduknya terus meningkat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam beberapa tahun ke depan, Kota Batam diperkirakan akan mengalami defisit air akibat pertumbuhan jumlah penduduk. 

Ketersediaan air baku juga vital bagi perkembangan Kota Batam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepri.

"Oleh karena itu penting untuk mengoptimalkan potensi air yang tersedia, salah satunya dengan menampung aliran Sungai Gong. Pastinya Kota Batam dan sekitarnya akan menikmati manfaatnya," ujar Basuki dalam rilis pers, Kamis (08/09/2022).

Baca juga: 13 Bendungan Ditargetkan Kelar 2023, Ini Daftarnya

Bendungan Sei Gong di Kota Batam, Kepulauan Riau.Dok. Kementerian PUPR Bendungan Sei Gong di Kota Batam, Kepulauan Riau.
Bendungan Sei Gong dengan kapasitas tampungan air sebesar 11,8 juta meter kubik untuk mensuplai air baku sebesar 400 liter per detik yang akan diolah di instalasi pengolahan air Kota Batam. 

Bendungan Sei Gong dibangun sejak 2015 dan selesai 2019 dengan anggaran APBN senilai Rp 252 miliar. 

Pembangunannya di bawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Kepulauan Riau dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Wika) dan PT Tusenss Krida Utama (KSO). 

Konstruksi bendungan didesain dengan tipe urugan tanah setinggi 19 meter dan panjang 280 meter dengan luas genangan air 356 hektar. 

Pembangunan Bendungan Sei Gong dilakukan dengan mengoptimalkan potensi Daerah Aliran Sungai (DAS) Sei Gong dengan luas DAS 14,87 kilometer persegi.

Bendungan Sei Gong di Kota Batam, Kepulauan Riau. Bendungan Sei Gong di Kota Batam, Kepulauan Riau.
Baca juga: Keren! Air Bendungan Sepaku Semoi Bisa Langsung Diminum Lho

Pada tahun 2021 BWS Sumatera IV Batam juga telah melaksanakan studi SID Pembangunan Pipa Air Baku di Kota Batam. 

Berdasarkan hasil studi, pipa tranmisi selain untuk mensuplai kebutuhan air baku Kota Batam, Pulau Galang dan sekitarnya juga menjadi prioritas utama layanan pipa transmisi air baku Bendungan Sei Gong.

"InsyaAllah rencananya jaringan pipa transmisi Bendungan Sei Gong yang untuk kebutuhan Sijantung, Pulau Galang bisa dilaksanakan tahun depan," tandas Kepala BWS Sumatera IV Batam Tuti Sutiarsih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com