Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Samarinda Perlu Revitalisasi Bangunan Bersejarah

Kompas.com - 21/07/2022, 21:35 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com- Demi menonjolkan ciri khas dari kota Samarinda, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat diminta untuk melakukan revitalisasi terhadap bangunan-bangunan bersejarah yang masih ada.

Principal Arsitek Studio 360 Samarinda Vergian Septiandy menilai hingga saat ini belum ada langkah maju yang dilakukan oleh pemerintah.

Karena itu, cukup banyak bangunan bersejarah terutama yang dibangun pada tahun 1980-an harus terbengkalai.

“Misalnya bangunan Citra Niaga, kondisinya saat ini sudah banyak berubah. Tampilan luarnya bahkan tertutupi oleh spanduk dan baliho,” ungkapnya dalam Seminar Online Arsitektur Sekitar Ibu Kota Baru, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Tata Kota Samarinda Dinilai Masih Tertinggal dari Daerah Lain

Padahal bangunan Citra Niaga yang sudah dibangun sejak tahun 1986 dulunya adalah kawasan perdagangan dan hiburan tersohor saat itu. 

Hal yang sama juga terjadi pada bangunan Plaza 21, di mana merupakan bangunan pertema di Samarinda yang memiliki eskalator.

“Sampai sekarang bangunan ini tidak jelas akan digunakan untuk apa. Kabar terbaru hanya dirapikan saja bagian luarnya dicat kembali namun fungsinya belum bisa dipastikan,” tambah Vergian.

Sejumlah bangunan lawas lainnya yang juga terbengkalai seperti GOR Segiri, Kawasan Pertokoan di Pelabuhan Samarinda, hingga Gedung Nasional.

Sementara itu, Gedung Balai Kota Samarinda justru telah mengalami perombakan total sehingga menghilangkan ciri khas awalnya.

Baca juga: Sejong, Model Kota Administratif Multifungsi Dunia yang Bisa Ditiru IKN

“Balaikota Samarinda ino sudah berubah dari bentuk aslinya sehingga ktia kehilangan memori penting dan kehilangan kekhasan dari bangunan. Sehingga bagi saya ini cukup mengecewakan,” tambahnya.

Melihat kondisi arsitektur kota saat ini, Vergian meminta pemerintah setempat untuk mempreservasi beberapa bangunan tersebut sehingga bisa menjadi ciri khas bagi Samarinda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com