Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HK-Brantas Abipraya Garap Pelebaran Jalan Soreang-Cidaun

Kompas.com - 04/07/2022, 09:51 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bersama PT Brantas Abipraya (Persero) resmi ditunjuk sebagai kontraktor yang menangani pelebaran dan perbaikan geometrik Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun, Provinsi Jawa Barat.

Dalam mengerjakan proyek tersebut, Hutama Karya dan Brantas Abipraya melakukan skema kerja sama operasi (KSO).

Penandatanganan kontrak proyek ini juga telah dilaksanakan di Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Kamis (15/5/2022) silam.

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra menyatakan, kehadiran proyek ini bertujuan untuk melebarkan dan memperbaiki jalan berlubang di beberapa titik.

“Tujuan utama dari pelaksanaan paket preservasi Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun ini adalah untuk menjaga kondisi jalan nasional agar tetap layak," ujarnya dalam rilis, Senin (4/7/2022).

Sehingga, mobilisasi kendaraan dapat berjalan dengan baik serta meningkatkan perekonomian daerah, khususnya di daerah Soreang dan sekitarnya.

Baca juga: Jalan Lingkar Timur Tuntas Dibangun, Kemacetan Ruas Cirebon-Kuningan Bisa Terurai

Ruang lingkup pekerjaan utama proyek ini meliputi perbaikan jalan sepanjang 60,11 kilometer, drainase sepanjang 2,55 kilometer, jembatan sepanjang 26,90 meter dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 84,05 kilometer, serta jembatan sepanjang 376,3 meter.

Menurutnya, pekerjaan tersebut dilakukan dalam waktu 2,5 tahun sejak ditandatanganinya kontrak.

Novias mengatakan, KSO Hutama Karya-Abipraya telah menyiapkan strategi agar proyek ini dapat selesai tepat waktu dan tepat mutu.

“Diperlukan penanganan dengan menggunakan struktur konstruksi perkerasan jalan yang khusus karena penggunaan aspal konvensional tidak direkomendasikan dengan kondisi geografis yang tidak terpapar sinar matahari langsung," tambah Novias.

Dengan adanya proyek penanganan pelebaran dan perbaikan geometrik Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun ini akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa di daerah tersebut, membuka lapangan pekerjaan, serta menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Dikarenakan pembangunan proyek ini masih dalam kondisi waspada Covid-19, Hutama Karya memastikan akan selalu melakukan pengawasan dan pencegahan penyebaran virus melalui penerapan protokol kesehatan ketat di lingkungan proyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com