Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Rusus di Bolaang Mongondow Selatan Siap Huni, Ini Fasilitasnya

Kompas.com - 24/06/2022, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 25 rumah khusus (rusus) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah selesai dibangun dan siap dihuni bagi para penerima bantuan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto menuturkan hal ini dalam rilis, Kamis (23/6/2022).

"Rusus yang dibangun telah siap huni. Jadi, masyarakat yang menjadi penerima bantuan berdasarkan data dari Pemerintah Daerah (Pemda) bisa langsung menghuni karena jaringan listrik, air dan jalan lingkungan yang memadai," jelasnya.

Rusus yang lokasinya tepat berada di Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan ini dibangun dengan tipe kopel 28 meter persegi.

Kemudian, dilengkapi dengan dua ruang kamar tidur dan satu kamar mandi, serta prasarana sarana dan utilitas (PSU).

Baca juga: 50 Unit Rusus MBR Senilai Rp 6 Miliar di Gorontalo Diserahterimakan

Sejatinya, kata Iwan, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Pemda dalam membangun rusus masyarakat di daerah.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Recky W Lahope menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan serah terima pemanfaatan dan pengelolaan rusus perbatasan Sulawesi I kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan, Senin (20/6/2022) silam.

Rumah khusus (rusus) di Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).Dok. BALAI P2P SULAWESI I/BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR Rumah khusus (rusus) di Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Selain itu, penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) pengelolaan dan pemanfaatan rusus dilakukan oleh Recky kepada Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Deddy Abdul Hamid.

Selain penandatanganan BAST, Balai P2P Sulawesi I melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun (Rusun) dan Rusus juga menyerahkan kunci kepada Deddy secara simbolis sebagai tanda proses penghunian dapat dilaksanakan. 

"Kami harap, rusus dapat segera dihuni oleh masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang membutuhkan akses rumah layak huni dan dapat dirawat serta dikelola dengan baik," ujar Recky.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com