Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intiland Raih Gold Winner di Ajang FIABCI 2022 Lewat South Quarter

Kompas.com - 13/06/2022, 19:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARA, KOMPAS.com - Kompleks perkantoran terpadu South Quarter yang dikembangkan oleh PT Intiland Development Tbk bersama lembaga investasi GIC Singapura, dinobatkan sebagai salah satu perkantoran terbaik di dunia.

South Quarter berhasil menyabet penghargaan World Gold Winner kategori pengembangan perkantoran (office development) pada ajang kompetisi properti paling bergengsi tingkat dunia yakni FIABCI World Prix d’Excellence Awards 2022.

Penganugerahan penghargaan telah diselenggarakan di acara Gala Dinner FIABCI World Prix d’Excellence Awards Kamis malam (9/6/20222) di Perancis. 

Baca juga: Intiland Bangun Batang Industrial Park, Nestle Jadi Investor Perdana

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Federasi Real Estate Internasional (FIABCI) tersebut merupakan wujud apresiasi dan pengakuan terhadap karya properti yang inovatif dan memiliki keunggulan.

FIABCI World President Elect 2022– 2023 Budiasa Sastrawinata berkesempatan mewakili kontingen Indonesia dan Intiland untuk menerima tropi penghargaan World Gold Winner secara langsung dari FIABCI World President 2021-2022, Jordi Ribo.

Budiasa juga mewakili Intiland menerima trofi penghargaan World Gold Winner untuk kawasan perumahan Serenia Hills yang tahun lalu dinobatkan sebagai kawasan perumahan terbaik di dunia pada ajang FIABCI Prix d’Excellence Awards 2021.

Presiden Direktur Intiland, Hendro S. Gondokusumo mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya kepada seluruh pihak atas prestasi South Quarter.

“Pencapaian ini adalah wujud pengakuan dunia terhadap kualitas properti nasional yang terbukti mampu bersaing di kancah internasional,” kata Hendro dalam rilis yang diterima Kompas.com. Senin (13/6/2022).

Menurut Hendro, South Quarter merupakan proyek ketiga Intiland yang berhasil meraih penghargaan FIABCI Prix d’Excellence Awards.

Baca juga: Pasar Properti Membaik, Intiland Raup Rp 500 Miliar Hanya 3 Bulan

“South Quarter adalah salah satu key projects bagi pertumbuhan Intiland. Pengembangannya adalah investasi jangka panjang karena menerapkan dan mengadopsi konsep dan prinsip-prinsip ramah lingkunan serta kaidah bangunan hijau,” tambahnya.

Perkantoran ini merupakan tahap pertama dari pengembangan kawasan perkantoran terpadu South Quarter seluas 7,1 hektar di kawasan Cilandak, koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Pengembangan tahap pertama ini meliputi tiga tower perkantoran dan fasilitas ritel pendukung di lahan seluas 4,4 hektar.

South Quarter merupakan salah satu bangunan hijau di Jakarta dan telah memperoleh sertifikasi Gold untuk Exsisting Building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Gedungnya memiliki desain yang unik dengan bentuk melengkung dan organik yang terinspirasi dari keranjang rotan tradisional Indonesia.

Ketiga tower tersebut dihubungkan oleh green canopy dengan area Dome di tengahnya sehingga menghadirkan desain yang unik, efisien, dan ramah lingkungan.

Fasad bangunan South Quarter juga memiliki orientasi dari timur ke barat untuk meminimalkan paparan sinar matahari langsung.

Desain fasad juga dibuat untuk mengatur arah pancaran sinar matahari sesuai dengan solar path diagram sehingga beban pendinginan dapat ditekan seminimal mungkin.

Uniknya desain South Quarter dibuat oleh arsitek kelas dunia Tom Wright, yang merupakan sosok dibalik desain hotel Burj Al-Arab di Dubai dan apatemen Regatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com