Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2021, Intiland Cetak Marketing Sales Rp 1,64 Triliun

Kompas.com - 24/01/2022, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Intiland Development Tbk mencatat pendapatan penjualan atau marketing sales sebesar Rp 1,64 triliun tahun 2021.

Pencapaian tersebut melonjak 75 persen dibandingkan perolehan marketing sales tahun 2020 yang tercatat senilai Rp 937 miliar.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (24/1/2022), Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Pradono menjelaskan peningkatan nilai marketing sales ini berasal dari hasil penjualan di kawasan perumahan.

Perseroan pada tahun lalu sukses memasarkan dua pengembangan proyek baru yakni Amesta Living di Surabaya dan DUO Talaga Bestari di Tangerang.

Baca juga: Lewat Serenia Hills, Intiland Raih Gold Winner Ajang FIABCI 2021

“Tahun lalu pasar properti sudah mulai kembali bergerak. Stimulus kebijakan dari pemerintah terbukti cukup efektif mendorong penjualan properti, khususnya pada segmen perumahan. Penjualan Intiland di segmen ini cukup meningkat,” kata Archied.

Dari empat segmen pengembangan yang dimiliki perseroan, kawasan perumahan memberikan kontribusi marketing sales terbesar yakni Rp 922 miliar atau 56 persen dari keseluruhan.

Perolehan ini melonjak 45 persen dibandingkan perolehan marketing sales Rp 638 miliar pada tahun 2020.

Kontributor terbesar berikutnya yakni pengembangan segmen mixed-use & high rise Rp 390 miliar atau 24 persen dari keseluruhan.

Hasil penjualan segmen ini juga melejit 159 persen dibandingkan tahun 2020 yang tercatat sebesar Rp 151 miliar.

“Lonjakan penjualan di segmen mixed-use and high rise terutama berasal dari peluncuran proyek baru Tierra SOHO di Surabaya pada triwulan kedua tahun lalu dan penjualan unit-unit apartemen1Park Avenue, The Rosebay, Graha Golf, dan Aeropolis,” jelas Archied.

Tren pertumbuhan positif terjadi pula pada segmen pengembangan kawasan industri. Tahun 2021, segmen kawasan industri membukukan marketing sales sebesar Rp 329 miliar, atau naik 123 persen dibandingkan pencapaian tahun 2020 senilai Rp 148 miliar.

Target Penjualan

Tahun 2022, Intiland optimistis, kinerja penjualan dapat lebih meningkat dibandingkan tahun lalu dan menargetkan perolehan marketing sales sebesar Rp 2,4 triliun. 

Untuk mencapai target tersebut Perseroan masih akan mengandalkan hasil penjualan dari beberapa pengembangan proyek baru maupun dari pengembangan baru di proyek-proyek berjalan.

Beberapa pengembangan baru yang akan diluncurkan tahun ini antara lain sebuah proyek
perumahan di Jakarta Utara, pengembangan tiga klaster baru di Surabaya dan Jakarta, serta properti komersial di Tangerang.

Untuk produk perumahan, portofolio proyek Perseroan antara lain perumahan Serenia Hills, Talaga Bestari, DUO, Magnolia Residence, Pinang Residences, dan South Grove yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

Ada juga perumahan Graha Famili, Graha Natura, dan Amesta di Surabaya.

Sementara untuk memenuhi produk hunian bertingkat, Perseroan mengandalkan penjualan dari beberapa proyek di Jakarta seperti apartemen Fifty Seven Promenade, 1Park Avenue, SQ Res, Regatta dan Aeropolis.

Sedangkan di wilayah Surabaya, Perseroan memasarkan Graha Golf, The Rosebay, dan
Praxis, Tierra, dan Sumatra36. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com