Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intiland Bangun Batang Industrial Park, Nestle Jadi Investor Perdana

Kompas.com - 08/06/2022, 13:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Intiland Development Tbk terus memperkuat lini usaha kawasan industri dengan melakukan ekspansi ke Batang Industrial Park (BIP) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Intiland mendapatkan kepercayaan dari sejumlah perusahaan yang hendak membangun pabrik baru di kawasan BIP.

Salah satunya adalah PT Nestle Indonesia yang menjadi investor perdana dengan menempati lahan seluas 20 hektar.

Bahkan ground breaking pembangunan pabrik Nestle telah dilakukan sejak bulan Mei 2021 dan saat ini sudah dalam tahapan penyelesaian.

Selain Nestle, tercatat ada tiga perusahaan lainnya yang ingin membangun pabrik baru di kawasan BIP. Ketiganya bergerak di bidang pengemasan dan welding electrodes.

Baca juga: Target Rampung Mei, Konstruksi Fisik Rusun KIT Batang Capai 86 Persen

Direktur Pengembangan Bisnis Intiland, Permadi Indra Yoga menjelaskan pengembangan BIP menjadi salah satu strategi Perseroan untuk memperkuat portofolio dan kinerja usaha secara jangka panjang.

“Kebutuhan lahan industri kian meningkat di masa depan karena makin banyak perusahaan yang berekspansi. Pengembangan BIP punya nilai stategis bagi pertumbuhan usaha Intiland secara jangka panjang,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Pengembangan kawasan industri merupakan salah satu dari empat segmen usaha utama yang diseriusi oleh Intiland.

BIP menjadi proyek kawasan industri kedua yang dimiliki Intiland, setelah sebelumnya sukses mengembangkan Ngoro Industrial Park di Mojokerto, Jawa Timur.

Menurut Permadi, dalam pengembangan kawasan industrinya, Intiland berusaha mematuhi kaidah-kaidah bangunan hijau, proses industri bersih, dan sistem pengelolaan air yang ketat untuk menjaga keseimbangan dengan alam dan masyarakat sekitar.

Lokasi BIP yang strategis karena berada di jalur tol Trans Jawa menjadikannya mudah dijangkau dari kota Jakarta, Semarang, maupun Surabaya.

Kawasan industri BIP juga telah didukung oleh berbagai infrastruktur publik yang memadai seperti Bandara Ahmad Yani, Semarang, Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang serta Bandara Internasional Kertajati, Cirebon,

“Batang adalah kawasan favorit bagi pengembangan lahan industri. Selain ditunjang infrastruktur transportasi yang sangat baik, Batang juga memiliki biaya tenaga kerja yang kompetitif, ketersediaan lahan yang mencukupi, serta potensi pengembangan secara jangka panjang,” tambah Permadi.

Baca juga: Pasar Surabaya Pulih, Intiland Tuntaskan Pembangunan Klaster Baru

Perseroan sendiri mempersiapkan BIP sebagai kawasan industri yang ideal untuk industri ringan dan menengah, baik untuk kebutuhan pembangunan pabrik hingga pergudangan dari berbagai jenis sektor industri.

Selain itu, Perseroan juga merencanakan untuk menyediakan fasilitas bangunan pabrik siap pakai serta gudang siap pakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com