Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Rest Area Bukan Tempat Menginap, Pemudik Disarankan ke Hotel

Kompas.com - 27/04/2022, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat (Dirlantas Polda Jabar) Kombes Pol Romin Thaib mengimbau pemudik untuk tidak menginap di rest area.

Menurutnya, waktu istirahat di rest area pada masa mudik lebaran 2022 dibatasi maksimal selama 30 menit.

"Kepada para pemudik diimbau untuk tidak menginap di rest area, kalau mau tidur dan menginap lebih baik keluar tol dan cari homestay saja," kata Romin saat ditemui Kompas.com di Rest Area Km 57 Tol Japek, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Bensin Anda Habis Saat Mudik? Ini Daftar Rest Area yang Dilengkapi SPBU di Tol Trans-Jawa

Menurutnya, kepolisian dan petugas pengelola rest area akan melakukan buka tutup jika terjadi kepadatan di rest area.

"Apabila terjadi kepadatan, kami akan lakukan buka tutup, jadi para pemudik dialihkan untuk melanjutkan ke rest area berikutnya," ujarnya.

Romin berharap masyarakat yang berada di rest area untuk tidak berlama-lama dan memberikan kesempatan istirahat kepada para pemudik lain yang baru datang.

"Kami harap masyarakat yang ada di rest area empatinya ada, jangan mentingin diri sendiri, yang lain kan juga butuh istirahat, hanya 30 menit dan harus sudah meninggalkan rest area," ucap dia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di rest area Km 57 Tol Japek pada Rabu (27/04/2022), upaya untuk mengingatkan para pemudik agar segera meninggalkan rest area terus dilakukan melalui pengeras suara.

Sejumlah petugas pun berjaga di beberapa titik, mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar untuk memastikan kelancaran dan mobilitas kendaraan lalu lintas di rest area.

Baca juga: Daftar Rest Area di Tol Trans-Jawa Rute Jakarta-Solo-Yogyakarta

Adapaun jenis kendaraan yang berada di rest area Km 57 Tol Japek ini umumnya merupakan kendaraan pribadi dan angkutan barang.

Kondisi rest area Km 57 ramai pengunjung biasanya pada saat waktu sholat tiba, setelah itu, mereka pun kembali melanjutkan perjalanan mudiknya.

Sementara, kondisi lalu lintas kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek pun terlihat lengang pada pukul 13.20 WIB dengan kecepatan kendaraan mencapai rata-rata 70-80 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com