Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Pemudik, Intip Persiapan Jasa Marga di Sejumlah Tol Luar Pulau Jawa

Kompas.com - 26/04/2022, 21:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNTRD) terus mempersiapkan pelayanan operasi jalan tol serta rest area di Luar Pulau Jawa dalam rangka menyambut pemudik Lebaran 2022.

PGS Senior General Manager JNTRD Silfana N. Pangaribuan menyampaikan, diperlukan antisipasi peningkatan lalu lintas selama arus mudik dan balik.

“Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas, kami melakukan beberapa antisipasi seperti optimalisasi gardu operasi, memanfaatkan gardu reversible, mengoptimalkan penggunaan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol,” ujarnya, dikutip dari siaran pers, Selasa (26/4/2022).

Selain itu, pihaknya juga menambah petugas layanan transaksi di gerbang tol beserta antisipasi rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan sesuai diskresi kepolisian.

Sesuai dengan arahan Kementerian PUPR, Jasa Marga melakukan pembatasan kegiatan konstruksi di sepanjang jalan tol hingga H-10 Lebaran 2022.

Baca juga: 143.000 Kendaraan Akan Lintasi GT Tebing Tinggi Saat Mudik Lebaran

Hal ini dilakukan guna memastikan seluruh lajur jalan tol dapat dimanfaatkan pengguna jalan secara maksimal.

Lebih lanjut, juga dilakukan monitoring secara berkala untuk mengantisipasi kondisi jalan tetap baik selama pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Dari sisi rest area, dilakukan antisipasi lonjakan pengunjung dengan melakukan zonasi alur pengunjung untuk menghindari antrean kendaraan dan penumpukan parkir di satu titik serta pembatasan waktu kunjungan tidak lebih dari 30 menit.

Turut dilakukan penambahan fasilitas toilet, tenant top up uang elektronik, posko kesehatan dan keamanan, memastikan ketersediaan air bersih hingga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan ketersediaan BBM.

Pihaknya juga menyediakan BBM modular pada rest area yang belum memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) seperti di rest area KM 37B Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, serta melakukan rekayasa buka dan tutup rest area sesuai kondisi di lapangan.

Baca juga: H-6 Lebaran, Rest Area KM 57 A Tol Jakarta-Cikampek Masih Lowong

Sementara itu, diperkirakan sebanyak 143.000 kendaraan akan melintasi Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi di Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi saat mudik Lebaran, tepatnya pada 25 April-3 Mei 2022.

Melalui data tersebut diketahui terjadi peningkatan arus lalu lintas sebesar 64,6 persen dibandingkan pada November 2021 lalu yang hanya mencapai 87.000 kendaraan.

Peningkatan lalu lintas pada H-7 hingga H-2 Lebaran tersebut juga terjadi di Ruas Tol Balikpapan-Samarinda sebanyak 84.000 kendaraan atau meningkat sebesar 28 persen dari 66.000.

Lalu lintas Ruas Tol Manado-Bitung turut diperkirakan meningkat 25,6 persen menjadi 62.000 kendaraan dari 49.000 pada periode lalu.

Sedangkan di Ruas Tol Bali Mandara diprediksi meningkat sebesar 6,2 persen, dari 135.000 menjadi 143.000 kendaraan yang melintas.

Namun demikian, GT Amplas Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa diprediksi mengalami penurunan arus lalu lintas sebesar 0,5 persen, dari 159.000 menjadi 158.000 kendaraan yang melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com