Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mudik Tanggal 1 Mei bila Tak Ingin Terjebak Macet

Kompas.com - 26/04/2022, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Macet adalah hal yang tak bisa dihindari saat mudik Lebaran, terlebih setelah agenda ini sempat ditiadakan selama dua tahun.

PGS Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNTRD) Silfana N. Pangaribuan mengimbau pengguna jalan tol untuk menghindari mudik pada Minggu (1/5/2022) yang merupakan puncak arus mudik Lebaran 2022.

Silfana juga menyarankan pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik dengan mempertimbangkan tarif jarak terjauh sehingga tak menghambat perjalanan karena harus melakukan isi ulang di gerbang tol (GT).

“Untuk keselamatan, harap mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara,” ujarnya, dikutip dari siaran pers, Selasa (26/4/2022).

JNTRD juga  terus memastikan kesiapan pelayanan operasi jalan tol dan rest area pada ruas tol di luar Pulau Jawa.

Baca juga: 143.000 Kendaraan akan Lintasi GT Tebing Tinggi saat Mudik Lebaran

Dari sisi rest area, dilakukan antisipasi lonjakan pengunjung dengan melakukan zonasi alur pengunjung. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari antrean kendaraan dan penumpukan parkir di satu titik, Selain itu, pembatasan waktu kunjungan di rest area tidak lebih dari 30 menit.

Pada setiap rest area telah dilakukan penambahan fasilitas toilet, tenant top up uang elektronik, posko kesehatan dan keamanan, dan penyediaan air bersih. Koordinasi juga telah dilakukan dengan pihak terkait untuk memastikan ketersediaan BBM.

Pihaknya juga menyediakan BBM modular pada rest area yang belum memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), seperti di rest area Km 37B Ruas Tol Balikpapan-Samarinda.

Rekayasa buka dan tutup rest area juga akan dilakukan sesuai kondisi di lapangan atas diskresi kepolisian.

Jasa Marga juga melakukan pembatasan kegiatan konstruksi di sepanjang jalan tol selambat-lambatnya H-10 Lebaran 2022 demi memastikan pemanfaatan seluruh lajur jalan tol secara maksimal.

Baca juga: Hindari Rest Area Pertama dan Kedua di Jalan Tol saat Mudik!

Lebih lanjut, juga dilakukan monitoring secara berkala untuk mengantisipasi kondisi jalan tetap baik selama pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

“Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas, kami melakukan beberapa antisipasi seperti optimalisasi gardu operasi, memanfaatkan gardu reversible, mengoptimalkan penggunaan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol,” pungkas Silfana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com