Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singgah di Resta Pendopo, Pemudik Dimanjakan Pemandangan Panoramik dan Oleh-oleh Khas Jawa Tengah

Kompas.com - 26/04/2022, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Bila Anda lelah menempuh perjalanan mudik, dan ingin merasakan suasana baru yang berbeda, singgahlah di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Resta Pendopo Km 456 Tol Semarang-Solo.

Bukan hanya karena jalan bebas hambatan berbayar ini punya panorama yang indah dengan gugusan pegunungan apinya, melainkan juga tersedianya beragam fasilitas mumpuni serta deretan peritel lokal, nasional, maupun internasional yang tersedia memenuhi setiap kebutuhan.

Direktur PT Astari Marga Sarana Daisy Setiawan menuturkan, konsep Resta Pendopo Km 456 adalah tempat istirahat sekaligus destinasi wisata yang sarat hiburan dan rekreasi.

"Selain itu, dihadirkan produk khas Jawa Tengah yang beraneka ragam. Khususnya UMKM yang telah kami kurasi sebelumnya, guna memenuhi standar dan kualitas yang tinggi," tutur Daisy menjawab Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Interior Resta PendopoKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Interior Resta Pendopo
Resta Pendopo Km 456 mencakup lima bangunan utama dengan langgam arsitektur modern dan tradisional pendopo di dua sisi jalan tol yang terhubung skybridge.

Dari skybridge, pengunjung dapat melihat hamparan pemandangan di sekitarnya, serta dapat merasakan sensasi melihat kendaraan yang tepat melaju di bawahnya.

Lima bangunan utama tersebut melambangkan lima gunung di Jawa Tengah, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Ungaran.

Di rest area ini juga terdapat tempat-tempat berswafoto yang populer dengan latar belakang pemandangannya alam.

Salah satu spot foto yang menjadi favorit para pengunjung adalah sky deck, dengan latar belakang gunung dan hamparan sawah.

Ekosistem kuliner dan belanja

Area food court Resta PendopoKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Area food court Resta Pendopo
Daisy menjelaskan, kehadiran rest area ini adalah untuk membangun ekosistem kuliner Jawa Tengah dengan merangkul UMKM dari Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo, serta kabupaten lainnya di area sekitar tol.

Sebelum dihadirkan, beragam kuliner lokal khas Jawa Tengah tersebut terlebih dahulu telah melewati proses kurasi, sehingga rasa dan kualitasnya terjamin.

Untuk deretan sajian kuliner yang dapat Anda nikmati di Resta Pendopo Km 456 meliputi Ayam Goreng Bu Toha, Tahu Baxo Bu Pudji, Serabi Notosuman, Ronde Jago, dan Sate Sapi Suruh dari Salatiga.

Kemudian, Pecel Semanggi serta Singkong Keju D-9 yang bergabung bersama nama-nama besar, seperti Starbucks, Solaria, Thee Kultur, Tong Tji, dan Kopi Banaran.

Peritel besar ini juga memberikan pengalaman yang berbeda melalui desain interior dan konsep restauran yang unik.

Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.Dok. PT Trans Marga Jateng Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.
Melalui kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM wilayah Jawa Tengah, para penggerak UMKM juga dapat mengembangkan potensi sebagai pemain ritel independen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com