Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Mudik, 2,54 Juta Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 12/04/2022, 14:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi 2,54 juta kendaraan akan meninggalkan Jabotabek saat mudik Lebaran 2022.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso menjelaskan, proyeksi jumlah kendaraan tersebut terjadi tepatnya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran atau periode 25 April 2022 hingga 10 Mei 2022.

"Ini naik 10,8 persen dari jumlah kendaraan periode normal November 2021, dengan prediksi puncak arus mudik jatuh Jumat, 29 April 2022," tegas Heru saat konferensi pers, Senin (11/4/2022).

Sedangkan prediksi jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,57 juta kendaraan.

Angka itu naik 12,9 persen bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan periode normal November 2021. Untuk prediksi puncak arus balik akan terjadi 8 Mei 2022.

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Lebih dari 2,5 Juta Kendaraan Mudik Lewat Tol

Heru menjelaskan, prediksi tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama.

Keempatnya adalah GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), juga GT Cikupa (arah Merak).

Berdasarkan hitungan V/C Ratio (perbandingan kendaraan dengan kapasitas lajur) yang melebihi dari kondisi normal, maka rekayasa lalu lintas (lalin) dibutuhkan untuk memaksimalkan kapasitas.

Contohnya, contraflow, one way, ramp check, dan pelaksanaannya merupakan dikresi Kepolisian.

Untuk upaya optimasi kapasitas di GT, Jasa Marga juga menyiagakan gardu temporer di Km 149 Gedebage Tol Padaleunyi untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cileunyi.

Sedangkan di gerbang tol lainnya, Jasa Marga akan mengoptimalkan gardu Oblique Approach Booth (OAB)/gardu miring dan menambah mobile reader, hinggga mengatur distribusi kendaraan di gerbang tol utama dan akses masuk.

Protokol kesehatan juga masih akan terus diterapkan di rest area dengan mengimbau pengguna jalan untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan tidak berlama-lama di rest area yang akan dibatasi waktu penggunaannya, serta dianjurkan untuk take away pesanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com