Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Arus Balik, Kementerian PUPR Perlebar Ruas Tol Japek

Kompas.com - 08/04/2022, 17:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengantisipasi lonjakan kendaraan saat arus balik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan proses pelebaran di ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek (Japek) di Jalur B tepatnya di KM 67-50.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022) di Senayan, Jakarta.

“Ada pelebaran jalan di ruas tol Jakarta Cikampek jalur B yakni dari arah Cikampek ke Jakarta tepatnya di KM 67-50,” ujar Basuki.

Baca juga: Berikut Persiapan Infrastruktur Jalan Tol di Pulau Jawa Jelang Lebaran 2022

Ia mengatakan ini dilakukan untuk mengantisipasi ruas fungsional terbatas saat arus balik khususnya untuk kendaraan kecil.

“Sekarang masih dalam proses konstruksi dan ditargetkan seluruhnya dapat selesai pada H-10 lebaran,” jelas Basuki.

Selain itu, Kementerian PUPR juga tengah melakukan pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan antara Sadang KM 62 dan Kutanegara 53 sepanjang 8,6 KM.

“Pembangunan dilakukan sebagai antisipasi ruas fungsional untuk arus balik. Ruas tol ini akan digabungkan dengan jalan industri sepanjang 15 km dan terhubung ke Jalan Tol Japek Gate Karawang Timur KM 54,” paparnya.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Menteri PUPR Minta Jalan Tol dalam Kondisi Bagus

Jadi, menurut Menteri PUPR, ruas Tol Japek II Selatan ini akan disiapkan secara fungsional apabila terjadi kemacetan yang parah.

Selain memperlebar Tol Japek dan memfungsikan Tol Japek II Selatan, Kementerian PUPR juga sedang melakukan pelabaran Jembatan Ciujung di Jalan Tol Tanggerang-Merak. 

“Untuk memperlancar arus balik Lebaran sedang dilakukan duplikasi Jembatan Ciujung di Jalan Tol Tanggerang-Merak KM 57 dengan progres pengerjaan mencapai 93 persen. Tol akan siap dioperasikan pada 8 April 2022,” tambah Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com