Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Wajah Baru Stasiun Cikarang Usai Diresmikan

Kompas.com - 05/04/2022, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comStasiun Cikarang dengan wajah barunya, belum lama ini diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Kamis (31/03/2022).

Usai diresmikan, stasiun tersebut kini berubah menjadi lebih besar, nyaman, dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk melayani masyarakat. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh masyarakat sehingga Stasiun Cikarang saat ini sangat megah dan bagus.

Baca juga: Berlibur ke Bogor dan Sukabumi Naik Kereta Pangrango, Ada Mal Apa Saja?

"KAI akan menjalankan amanah dengan memberikan pelayanan prima bagi pelanggan kereta api di stasiun ini,” kata Joni, Senin (04/04/2022). 

Stasiun Cikarang KAI Stasiun Cikarang
Stasiun Cikarang awalnya merupakan sebuah stasiun kecil atau halte yang dibuka pada 1890.

Stasiun tersebut kemudian dibangun kembali oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada 2013 sampai 2015 untuk tahap pertama dan 2019 sampai 2021 untuk tahap kedua.

Bangunan Stasiun Cikarang terdiri dari dua lantai. Di lantai 1 terdapat fasilitas naik turun dan integrasi pengguna KRL, KA Lokal, dan KA Jarak Jauh.

Sedangkan di lantai 2 terdapat fasilitas pelayanan pengguna dan area komersial.

Stasiun Cikarang KAI Stasiun Cikarang
Fasilitas yang tersedia di stasiun tersebut mencakup lift, eskalator, tangga manual, toilet difabel, ruang loket go show, layanan pelanggan, ruang tunggu, musala, pos kesehatan, dan fasilitas lainnya.

“Bangunan yang semakin representatif dan fasilitas yang lengkap ini kami tujukan untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” ujar Joni.

Stasiun Cikarang saat ini telah melayani berbagai layanan kereta api baik KA Jarak Jauh, Lokal, maupun KRL Jabodetabek.

KAI pertama kali melayani naik dan turun pelanggan KA Jarak Jauh di Stasiun Cikarang sejak 1 Februari 2022.

Hadirnya wajah baru Stasiun Cikarang ini sangat dibutuhkan masyarakat karena volume pelanggan di stasiun ini terus meningkat.

Stasiun Cikarang KAI Stasiun Cikarang
Pengguna KRL di Stasiun Cikarang saat ini sebanyak 28.000 pengguna, naik hampir 5 kali lipat dari yang semula hanya 5.000 pengguna per hari.

Peningkatan juga terjadi pada pelanggan KA Lokal yang melonjak dari 500 pelanggan per hari menjadi 2.000-3.000 pelanggan per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com