Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2022, Sektor Perhotelan Asia Diprediksi Membaik

Kompas.com - 24/03/2022, 16:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan dilonggarkannya sejumlah syarat perjalanan di beberapa negera di Asia, sektor perhotelan diprediksi akan kembali membaik.

Hal tesebut disampaikan oleh perusahaan manajemen investasi dan layanan profesional terdiversifikasi Colliers dalam laporan Hospitality Insights Q1 2022.

Direktur Eksekutif, Valuation & Advisory Services Colliers Asia Govinda Singh mengatakan pada paruh pertama tahun 2022, diharapkan performa sektor perhotelan bisa kembali pulih dibandingan kondisi tahun 2021.

“Pada paruh kedua tahun 2022, diharapkan sektor ini terus pulih terutama di negara tujuan yang mengakomodasi perjalanan bebas karantina dan meniadakan rapid test,” ujar Govinda dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Keterbatasan pasokan dan tenaga kerja memaksa para pelaku bisnis perhotelan untuk tegas menentukan tarif serta berani memberikanan fasilitas terbaik bagi tamu yang bersedia membayar lebih.

“Colliers merekomendasikan bagi pelaku bisnis perhotelan untuk mengembangkan model bisnis yang lebih kuat dan tangguh, fleksibel dengan biaya serta mengevaluasi bisnis mereka,” jelas Govinda.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengevaluasi kembali jam operasional fasilitas F&B atau apakah ruang yang tak terpakai dapat dialihfungsikan untuk meraup pendapatan.

Adopsi digitalisasi dan teknologi juga menjadi lebih penting, terutama karena kesehatan dan kebersihan menjadi prioritas utama para pelancong.

Colliers juga memprediksi tingkat keterisian kamar dia wilayah Asia pada paruh pertama 2022 ini akan melampaui target average daily rate (ADR).

Terlebih saat ini di beberapa negara tingkat keterisian kamar hampir sama dengan kondisi sebelum Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com