Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Beroperasi, Bus Listrik Transjakarta Lolos Uji Ketahanan Banjir

Kompas.com - 09/03/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Sebanyak 30 unit bus listrik Transjakarta akan dioperasikan segera dan telah dinyatakan lolos uji ketahanan banjir.

“Untuk antisipasi banjir, bus ini sudah lolos uji. Semua terkait banjir, kecelakaan, sudah kita uji sehingga semunya bisa diantisipasi,” jelas Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya, dilansir dari Antara, Rabu (9/3/2022).

Yana mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada operator untuk memilih bus listrik yang akan digunakan.

Akan tetapi, ketahanan banjir turut menjadi salah satu kriteria yang diwajibkan kepada operator dalam memilih merek bus yang diopersikan sebagai kendaraan umum bertenaga listrik.

“Kami menyerahkan kepada operator untuk bisa memilih bus listrik mana yang akan digunakan. Tentu semua merek yang ada harus lolos uji dari tempat kami,” terang Yana.

Baca juga: Ini Rekomendasi KNKT Cegah Kecelakaan Bus Transjakarta

Adapun 30 bus listrik yang dioperasikan untuk empat rute non-BRT tersebut diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan BUMD Transjakarta.

Terkait rute, bus ini akan beroperasi di rute 1P (Terminal Senen-Bundaran Senayan), 1R (Tanah Abang-Terminal Senen), 1N (Blok M-Tanah Abang) dan 6N (Ragunan-Blok M).

Sedangkan untuk jam operasionalnya, bus listrik tersebut akan beropersi mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Lebih lanjut, bus listrik ini merupakan hasil produksi Build Your Dream (BYD) dengan agen pemegang merek PT Bakrie and Brothers.

Sebagai rencana jangka panjang, Pemprov DKI Jakarta menargetkan 100 bus listrik akan beroperasi dalam layanan Transjakarta pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com