Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rumah Bekas, Ini yang Harus Dipertimbangkan

Kompas.com - 06/02/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membeli rumah bekas adalah salah satu pilihan alternatif bagi para pencari hunian.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika berniat membeli rumah bekas, mulai dari kebutuhan, anggaran, lokasi hingga desain rumah.

Dilansir dari artikel Kompas.com, Sabtu (5/2/2022), lokasi merupakan hal utama yang wajib dipertimbangkan ketika membeli rumah baru maupun rumah bekas.

Pada umumnya, rumah bekas terletak di kawasan dengan lingkungan yang sudah mapan.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Menjual Rumah Bekas

Artinya, rumah bekas telah tersedia dengan beragam infrastruktur, seperti jaringan transportasi umum, restoran, pertokoan dan fasilitas lainnya.

Ini berbeda dengan rumah baru yang biasanya belum banyak menyediakan fasilitas umum di sekitarnya dan masih dalam tahap pengembangan.

Selain itu, desain rumah bekas menjadi perlu dipertimbangkan. Rumah bekas biasanya hadir dalam tata letak yang lebih tradisional.

Lebih lanjut, Anda juga harus memikirkan soal renovasi ketika memutuskan untuk membeli rumah bekas.

Hal-hal elemen mekanis yang sudah usang, meliputi kabel, pipa ledeng dan lainnya harus diperiksa dengan benar untuk menghindari kerusakan di masa yang akan datang.

Bahkan beberapa rumah bekas memerlukan penggantian seluruh sistem utilitas, mulai dari sistem kelistrikan sampai dengan pipa.

Meskipun terlihat mudah, namun rupanya proses renovasi ini cukup memakan biaya sehingga opsi membeli rumah baru bisa menjadi solusi.

Tidak hanya itu, faktor tempat parkir juga tak boleh dilupakan. Pasalnya, rumah bekas banyak yang didesain tanpa menyediakan lahan parkir dan berbeda dengan rumah baru yang dibangun dengan pertimbangan gaya hidup keluarga modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com