Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelar Uji Laik Fungsi, Tol Binjai-Stabat Akan Segera Beroperasi

Kompas.com - 05/02/2022, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Binjai-Stabat dilaporkan telah melaksanakan Uji Laik Fungsi dan menerima Sertifikat Laik Operasi (LSO) pada Jumat (28/1/2022).

Karenanya, jalan tol sepanjang 11,8 kilometer yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini akan segera beroperasi dalam waktu dekat. 

“Saat ini kami menunggu arahan regulator untuk memulai pengoperasian sehingga jalan tol bisa digunakan oleh masyarakat setempat,” ujar Executive Vice President Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo, dilansir dari siaran pers, Minggu (5/2/2022).

Tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera tersebut terhubung langsung dengan Tol Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer yang kini telah beroperasi penuh.

Melalui pengadaan Jalan Tol Binjai Stabat ini, waktu tempuh dari Stabat ke Bandara Kualanamu bisa dipangkas, yang awalnya memakan 2 jam perjalanan menjadi sekitar 45 menit.

Baca juga: Jalan Tol Getaci Dibangun Akhir 2022, Pengamat: Fokus Saja Bangun IKN

Selain itu, kehadiran jalan tol tersebut juga diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap perekonomian Sumatera Utara karena alur distribusi barang serta kendaraan menjadi lebih mudah dijangkau dengan mudah.

Untuk diketahui, Tol Binjai-Stabat merupakan seksi 1 dari Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa dengan panjang total 131 kilometer.

Sedangkan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi 1 Binjai Stabat, Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura sepanjang 26,71 kilometer dan Seksi 3 Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 18,98 kilometer.

Selanjutnya, Seksi 4 Pangkalan Brandan-Kuala Simpang sepanjang 44,24 kilometer dan Seksi 5 Kuala Simpang-Langsa sepanjang 29,18 kilometer.

Sementara itu hingga saat ini, Hutama Karya selaku pengembang Jalan Tol Trans Sumatera telah mengoperasikan kurang lebih sepanjang 542,8 kilometer jalan tol termasuk Tol Binjai-Stabat yang segera dibuka.

Baca juga: Terapkan Rumus 3 Detik di Jalan Tol Agar Tetap Aman Berkendara

Adapun total panjang beberapa ruas tol yang sekarang masih dalam tahap konstruksi adalah sepanjang 519 kilometer.

Beberapa ruas tol yang masih digarap tersebut, yakni Tol Sigli–Banda Aceh sepanjang 44 kilometer, Tol Kisaran–Indrapura 48 kilometer, Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat 143 kilometer dan Tol Simpang Indralaya–Muara Enim 121 Km.

Untuk empat ruas tol lain yang juga masih dalam proses pengerjaan adalah Tol Padang–Sicincin sepanjang 37 kilometer, Tol Pekanbaru–Pangkalan 64 kilometer, Tol Bengkulu–Taba Penanjung 18 kilometer dan Tol Stabat–Pangkalan Brandan sepanjang 44 kilometer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com