Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Imbauan Kembali WFH, Yuk Ciptakan Pencahayaan Memadai di Rumah

Kompas.com - 18/01/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau agar work from home (WFH) kembali diberlakukan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap lonjakan kasus positif Covid-19 varian Omicron.

"Kami mengimbau kalau di kantor tak perlu 100 persen ya tak usah 100 persen hadir. Jadi diatur saja dilihat situasinya apakah dibikin 75 persen untuk dua pekan ke depan," kata Luhut dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Negara, Minggu (16/1/2021).

Oleh karena itu, pelaku WFH tentu harus memastikan ruang kerja di rumah memiliki suasana yang dapat menunjang produktivitas, salah satunya dengan menghadirkan pencahayaan yang memadai.

Baca juga: Pasca-pandemi, Tetap WFH atau Kembali WFO?

Mengutip Kompas.com, Selasa (18/1/2022), Country Leader Signify Indonesia Rami Hajjar mengatakan bahwa pencahayaan sering kali dianggap sepele.

Padahal menurutnya, pencahayaan adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

"Pencahayaan yang baik memainkan fungsi esensial dalam meningkatkan produktivitas, karena dapat membantu kita melakukan pekerjaan yang membutuhkan penglihatan dan meningkatkan fokus, bahkan pada siang hari,” kata Rami kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Lebih lanjtut, selain disebut bisa mendukung aktivitas sehari-hari, pencahyaan juga mampu menghibur diri manusia di masa yang penuh tekanan.

Pencahayaan dapat membangun suasana yang membantu tubuh untuk merasa lebih rileks dan menikmati waktu berharga bersama keluarga di rumah.

Tidak berhenti disitu, pencahayaan turut berperan dalam menjaga infrastruktur konektivitas jalan serta lingkungan agar tetap aman, terlebih ketika berada di area publik.

Lantas, bagaimana cara untuk menghadirkan pencahayaan yang memadai di rumah selama masa WFH?

Melansir The Spruce, terdapat beberapa cara untuk menghadirkan pencahayaan memadai untuk ruang kerja di rumah. Berikut Kompas.com rangkum untuk Anda:

1. Memanfaatkan cahaya alami

Cahaya alami yang datang dari jendela, skylight atau portal lainnya dapat menyalurkan sinar matahari yang menghasilkan pencahayaan hangat untuk meningkatkan lingkungan kerja.

Secara umum, cahaya alami yang baik untuk menunjang WFH yaitu yang berada di depan atau di samping meja kerja agar menghindari silau.

Direkomendasikan pula untuk memposisikan tempat kerja menghadap ke utara atau selatan sehingga matahari tidak memberikan bayangan di titik manapun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com