Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tahan Lama, Bersihkan Saluran Wastafel

Kompas.com - 14/01/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Melakukan pembersihan secara rutin pada perabotan rumah bukan hanya untuk memastikan higienitasnya saja, tetapi juga agar perabotan jadi lebih tahan lama.

Adapun hal yang sama juga berlaku pada wastafel rumah Anda. Ini menjadi penting karena wastafel selalu terkena kotoran makanan secara langsung, sehingga lemak, kotoran, jamur dan lumut bisa dengan mudah ditemukan di area tersebut.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (14/1/2022), wastafel beserta salurannya dianjurkan untuk dibersihkan setaip dua minggu sekali.

Sedangkan untuk bahan-bahan yang diperlukan bisa dengan mudah ditemukan, antara lain es batu, garam, cuka, soda kue dan lemon.

Cara membersihkan saluran wastafel

Langkah pertama adalah memastikan saluran wastafel tidak tersumbat yang bisa ditandai dengan kelancaran air yang mengalir di wastafel.

Baca juga: Solusi Praktis Lancarkan Kembali Wastafel Mampat

Untuk itu, Anda perlu menyalakan air sekitar tiga sampai lima menit dan memastikan tidak ada suara yang terdengar seperti kotoran yang tersangkut di saluran wastafel.

Selanjutnya adalah dengan memasukkan es batu dan garam ke dalam saluran wastafel. Cara ini disebut sebagai cara termudah untuk menjaga kebersihan saluran.

Tuangkan sekitar dua cangkir es batu dan satu cangkir garam kasar. Lalu pastikan air terus mengalir selama lima sampai 10 detik sampai es benar-benar hancur.

Cara lain yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan campuran soda kue dan cuka.

Bahan-bahan ini menawarkan jumlah daya desinfektan yang lebih banyak dibandingkan cara sebelumnya.

Campurkan setengah cangkir soda kue dan secangkir cuka sari apel atau cuka putih dan tuangkan pada saluran wastafel hingga menimbulkan gelembung dan suara mendesis selama lima menit.

Setelah itu, nyalakan air selama satu menit atau lebih hingga seluruh bahan pembersih tersebut tidak ada yang tertinggal.

Sedangkan yang terkahir adalah dengan menggunakan kulit lemon yang terkenal bisa membawakan kesegaran.

Trik nya adalah dengan memotong kulit lemon dengan ukuran yang kecil agar tidak tersangkut dan tuangkan ke dalam saluran pembuangan satu per satu sambil menyalakan air.

Alhasil, saluran wastafel tidak akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com