Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Tanah Strategis, Perumnas Dilirik Kementerian PUPR

Kompas.com - 07/01/2022, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR menggandeng Perum Perumnas untuk ikut serta mendongkrak pembangunan hunian layak bagi masyarakat melalui Program Sejuta Rumah (PSR).

Pada Rabu (05/01/2022), Dirjen Perumahan Kementerian PUPR telah melakukan audiensi bersama Perum Perumnas terkait rencana ke depannya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, Perumnas ke depan bisa ikut berperan untuk membangun rumah susun untuk ASN maupun para milenial.

Baca juga: Biayai 200.000 Rumah, BP Tapera Salurkan Dana FLPP Rp 23 Triliun

"Apalagi banyak tanah-tanah Perumnas di daerah yang cukup strategis sehingga menarik bagi konsumen apabila ingin memiliki hunian dengan harga yang terjangkau," ujar Iwan, Kamis (06/01/2022).

Menurut Iwan, ke depan akan berdiskusi dengan Perumnas untuk mewujudkan satu lokasi pilot project untuk kawasan perumahan dan permukiman yang terintegrasi dan tertata dengan baik.

Dengan sinkronisasi program Ditjen Perumahan, Ditjen Sumbar Daya Air, Ditjen Bina Marga, dan Ditjen Cipta Karya.

"Jadi pembangunan di satu kawasan bisa tuntas yakni ada rumahnya, sumber air tersedia, saluran air bersihnya ada, jalan aksesnya juga baik. Jadi semuanya tuntas dan masyarakat bisa menghuni rumah dengan nyaman," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro mengungkapkan, saat ini Perumnas tengah mengembangkan beberapa proyek pembangunan rumah baik rumah tapak maupun rumah susun di sejumlah daerah.

"Kami siap berkontribusi dalam menyediakan perumahan bagi MBR serta Program Sejuta Rumah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com