Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil National Stadium, Tempat Berlangsungnya Final Piala AFF 2022

Kompas.com - 27/12/2021, 15:41 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Timnas Indonesia akhirnya berhasil melaju ke partai final Piala AFF 2020 dan akan menghadapi Timnas Thailand.

Pertandingan akan berlangsung dalam dua leg masing-masing pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) di The National Stadium, Singapura.

The National Stadium atau yang dikenal sebagai Stadion Nasional New yang berlokasi di Kallang, Singapura dan telah dibuka sejak Juni 2014.

Stadion ini merupakan stadion baru yang dibangun tepat di lokasi stadion yang lama. National Stadium yang lama telah ditutup sejak tahun 2007 dan mulai dilakukan renovasi pada tahun 2010.

Baca juga: Gantikan San Siro, Stadion Baru AC Milan dan Inter Milan Ini Terinspirasi Katedral

The National Stadium memiliki kapasitas 55.000 kursi dan digunakan sebagai markas kandang Timnas Sepakbola dan Kriket Singapura.

Stadion ini memiliki kubah baja seluas 75.000 meter persegi dan tinggi hingga 83 meter. Bagian atapnya dilengkapi teknologi canggih sehingga dapat dibuka dan ditutup secara otomatis.

Karena Singapura memiliki iklim tropis, atap stadion dirancang untuk memantulkan sinar matahari guna melindungi interiornya.

Sementara aliran udara alami digunakan untuk memberi kesejukan di area penonton dengan penggunaan energi yang lebih sedikit.

Stadion ini memiliki konfigurasi untuk berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, rugby, atletik, dan kriket.

Bila ingin melakukan konfigurasi untuk pertandingan sepak bola dan rugby, tingkat tempat duduk terendah dapat dipindahkan ke depan (meliputi lintasan lari).

Dibutuhkan sekitar 48 jam untuk mengonfigurasi ulang pengaturan tempat duduk agar sesuai dengan event berikutnya yang akan dilakukan.

Stadion ini awalnya menggunakan Desso GrassMaster yang terdiri dari rumput alam dan dijalin dengan serat sintetis sebagai permukaan bermainnya.

Namun, setelah mengalami masalah dengan kualitas lapangan pada Mei 2015 permukaan GrassMaster digantikan oleh Eclipse Stabilized Turf, permukaan hibrida serupa yang diproduksi oleh perusahaan Australia HG Turf.

Stadion ini berlokasi di atas stasiun MRT Stadion bawah tanah. Kereta akan tiba setiap lima hingga enam menit selama jam tidak sibuk, dan dua hingga tiga menit selama jam sibuk dan hari acara.

Karena itu, bila Anda ingin berkunjung ke sini tidak akan susah menemukan transportasi. Stasiun MRT lain di dekatnya adalah Stasiun MRT Kallang dan Stasiun MRT Mountbatten.

Pertandingan sepak bola pertama yang diadakan di stadion ini adalah pertandingan persahabatan antara Singapore Selection XI dan Juventus pada Agustus 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com