Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan San Siro, Stadion Baru AC Milan dan Inter Milan Ini Terinspirasi Katedral

Kompas.com - 22/12/2021, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Klub sepak bola asal Italia yakni AC Milan dan Inter Milan bakal memiliki stadion baru.

Melansir situs resmi proyek kedua klub, Stadion San Siro atau juga dikenal Stadion Giuseppe Meazza bakal digantikan dengan Stadion The Cathedral.

Studio arsitek Populous menjadi perancang Stadion The Cathedral. Rancangan desainnya juga telah dirilis.

Namun, proyek pembangunannya akan dilakukan bertahap. Targetnya mulai bisa digunakan pada 2027 mendatang.

Baca juga: Peci hingga Bejana, Desain Arsitektur Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar

The Cathedral akan dibangun di samping Stadion San Siro, yang nantinya akan dihancurkan, sebagai bagian dari pembangunan kembali situs stadion.

Area tersebut juga akan diubah menjadi distrik baru khusus pejalan kaki. Dengan tempat parkir mobil dipindahkan ke bawah tanah dan dilengkapi lebih dari 110.000 meter persegi ruang terbuka hijau.

Adapun Stadion The Cathedral terinspirasi dari dua bangunan terkenal di Kota Milan yaitu Katedral Duomo dan pusat perbelanjaan Galleria Vittorio Emanuele.

Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter MilanDok.Populous Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter Milan
Nantinya stadion ini akan berkapasitas 60.000 kursi dengan bentuk persegi panjang dan dikelilingi sirip vertikal.

Sirip ini akan memanjang keluar dari stadion untuk menopang dinding kaca yang akan menutupi ruang. Disebut Populous sebagai "galeri yang diterangi matahari".

Di bagian dalam stadion akan dirancang untuk lebih intim. Maksudnya dengan menempatkan penonton sedekat mungkin ke lapangan.

Stadion The Cathedral juga ditutup dengan panel fotovoltaik dan air hujan yang akan dikumpulkan dari atap kemudian digunakan kembali.

Selain itu, stadion pengganti San Siro ini dirancang untuk menciptakan rumah yang unik bagi para penggemar dan pendukung AC Milan dan Inter Milan.

Dengan instalasi khusus yang secara dramatis mengubah tampilan arsitektur dan menggabungkan identitas klub ke dalam struktur bangunan.

Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter MilanDok.Populous Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter Milan
Untuk Inter Milan, bentuk ular berbisa dengan bungkusan cahaya biru akan melingkar di sekitar bagian dalam stadion.

Sedangkan untuk AC Milan, penopang vertikal memancarkan warna merah membara dari kedalaman bangunan.

The Cathedral juga akan dirancang untuk menjadi stadion paling berkelanjutan di Eropa. Didinginkan secara alami dan dipanaskan secara pasif.

Panel fotovoltaik melapisi atap stadion untuk menghasilkan listrik yang disimpan di bank baterai untuk digunakan nanti. Kemudian, semua air hujan dikumpulkan dari atap akan digunakan kembali.

Stadion ini dikelilingi oleh 22 hektar ruang hijau, yang mengurangi limpasan air dan melawan efek 'pulau panas'. Seluruh distrik terhubung ke sistem pemanas dan pendingin sentral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com