Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendesain Kamar Mandi Perlu Perencanaan yang Teliti, Mengapa?

Kompas.com - 29/11/2021, 14:28 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

KOMPAS.com - Mendesain kamar mandi memerlukan perencanaan yang teliti. Pasalnya, kamar mandi adalah ruang praktis yang sering digunakan.

Dilansir dari Real Homes, Senin (29/11/2021), meskipun sering digunakan, kamar mandi harus tetap higienis, tidak licin dan tidak terlihat usang.

Lantas, bagaimana cara mendesain kamar mandi?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah penting untuk mengetahui dengan tepat terkait berapa banyak ruang yang tersedia di kamar mandi sebelum mendesain.

Pada umumnya, perancang atau arsitek kamar mandi dapat membuat gambar skala. Kendati demikian, Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan kertas grafik.

Baca juga: Kamar Mandi Anda Lembap? Ini Panduan Mengeringkannya

Rancangan tersebut berfungsi untuk membantu Anda dalam memahami perlengkapan-perlengkapan penting, seperti bak mandi, shower, toilet hingga basin.

Selain itu, perhatikan juga letak pintu atau jendela yang ada di kamar mandi karena desain kamar mandi yang sangat kecil dapat diubah menjadi ruang yang tenang dan praktis melalui beberapa perencanaan yang matang.

Namun, apabila pengaturan tata letak kamar mandi saat ini sudah nyaman, Anda hanya perlu mengganti barang-barang lama dengan yang baru, tanpa harus merubah letaknya.

Strategi ini juga mampu memotong biaya yang harus dikeluarkan.

Sementara itu, tidak lupa untuk mempertimbangkan pula tampilan kamar mandi yang Anda sukai, misalnya tampilan tradisional atau modern.

Pada tampilan tradisional, bak mandi, basin dan toilet cenderung lebih dekoratif dengan hiasan garis.

Sedangkan pada kamar mandi modern, tampilan perlengkapan kamar mandi bisa berupa sudut atau kurva dengan bentuk yang bersih dan tanpa ada detail tambahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com