Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu dan Jendela, Elemen Penting dari Eksterior Rumah Anda

Kompas.com - 28/11/2021, 22:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang bisa memengaruhi tampilan eksterior rumah. Salah satunya adalah pilihan pintu dan jendela.

Meski kerap diabaikan, ternyata pintu dan jendela bisa memberikan keseimbangan sempurna antara gaya dan fungsi.

Tak hanya mereka memberikan privasi pada sebuah hunian, namun dua fitur ini dapat menambahkan keintiman, keamanan, dan karakter pada rumah.

Pintu dan jendela Anda memberi dampak besar pada cara Anda dan orang lain memandang rumah Anda.

Tergantung pada ukuran, gaya, dan desain, mereka dapat sepenuhnya mengubah tampilan rumah Anda.

Baca juga: Intip Empat Cara Supaya Pintu Masuk Rumah Tetap Bersih Saat Musim Hujan

Bagi kebanyakan orang, hal pertama yang diperhatikan dari sebuah rumah adalah pintu depan. Pintu depan memberikan lebih gambaran tentang pribadi sang pemilik.

Jika pintu Anda aus atau catnya terkelupas, tentu akan membuat rumah Anda terlihat lusuh. Terlebih jika pegangannya perlu bergoyang atau engselnya berderi.

Segarkan pintu rumah Anda dengan lapisan cat baru atau ganti pegangan atau engsel yang berderit dengan produk yang baru. 

Pintu depan adalah hal pertama dan terakhir yang akan dilihat orang sebelum mereka memasuki rumah Anda, jadi cobalah untuk membuat kesan pertama yang baik.

Sementara itu, jendela diibaratkan sebagai mata dari sebuah rumah jadi Anda tentu ingin memastikan bagian ini terlihat baik.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat jendela tampak bergaya namun tetap fungsional.

Misalnya jika Anda memiliki jendela dengan desain ala Perancis, maka tambahkan aksesori berupa gesper vintage, atau pegangan rustic. Gunakan garden sesuai dengan keseluruhan desain hunian.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna untuk pintu dan jendela hunian. Pemilihan warna sangat tergantung pada bahan dan tekstur dua bagian ini.

Dengan memilih warna cokelat tua, hitam, dan netral adalah cara mudah untuk membuat pintu dan jendela Anda terlihat lebuh bergaya.

Warna gelap yang lebih berani menarik perhatian dan memberikan kesan intrik dan misteri.

Sedangkan pemilihan warna-warna cerah dan terang menambahkan nuansa ceria dan ke rumah Anda. Pilih warna yang paling sesuai dengan keseluruhan tema hunian Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com