Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kerusakan, Ini Tips Jaga Rumah Tetap Bersih dan Kering Saat Musim Hujan

Kompas.com - 23/11/2021, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim hujan sering kali menjadi momok bagi pemilik rumah. Pasalnya, kebocoran, jamur hingga cat terkelupas saat musim hujan dapat membuat rumah mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan rumah tetap bersih dan kering selama musim hujan untuk menghindari kerusakan.

Beberapa tips untuk menjaga rumah tetap bersih dan kering yang berhasil dirangkum Kompas.com adalah sebagai berikut.

1. Mencegah serangga

Melansir LivSpace, musim hujan sangat disukai serangga. Walaupun kebanyakan tidak berbahaya, tetapi serangan serangga dapat merusak furnitur, dinding hingga menyebarkan penyakit.

Pada nyamuk, hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mereka berkembang biak adalah dengan memastikan tidak ada air yang tergenang, memasang kelambu dan menggunakan obat pengusir nyamuk.

Sementara untuk mencegah rayap yang biasanya berada pada perabotan kayu dan sangat sulit untuk dihilangkan, tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan merawat furnitur kayu dengan larutan anti rayap atau bahan kimia lainnya.

2. Mencegah dan merawat dinding lembap

Dinding lembap kemungkinan terjadi karena adanya blok drainase di sekitar area lembap yang menyebabkan air merembes ke dinding.

Sedangkan apabila kelembapan muncul dari lantai, kemungkinan hal tersebut berasal dari beberapa pipa yang rusak di dalam tanah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan sealant, dempul atau nat guna menutup retakan pada pipa serta dinding.

Tidak lupa untuk memilih lapisan anti air pada dinding yang melindungi dinding rumah dari hujan dan lembap.

3. Mencegah jamur pada dinding

Jamur pada dinding biasanya ditemukan di kamar yang lembap, ruang bawah tanah atau kamar mandi dan bisa mengganggu kesehatan, seperti mata berair, gatal, batuk dan pilek.

Untuk mencegahnya, Anda bisa memastikan ventilasi dan aliran udara bekerja dengan baik di seluruh ruangan termasuk kamar tidur dan memperbaiki kebocoran di area rumah selama musim hujan.

4. Pemeliharaan listrik dan pipa

Listrik yang tidak terawat selama musim hujan bisa menyebabkan korsleting, pemadaman hingga kejutan listrik yang bisa membahayakan.

Sehingga, jika terdapat masalah pada listrik, Anda bisa menutup kabel, papan sakelar atau perlengkapan apapun yang sedang bermasalah sembari menghubungi ahli listrik.

Sedangkan pada pipa logam dan beton yang terkorosi, Anda bisa menggantinya dengan bahan CPVC yang mampu menahan kerusakan akibat air hujan.

5. Pemeliharaan kayu

Bagi Anda yang menggunakan pintu kayu, musim hujan merupakan tantangan karena pintu kayu yang terkenan air hujan biasanya membengkak.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mengecat pintu kayu sebelum musim hukan tiba untuk menciptakan lapisan pelindung dan mencegah kelembapan masuk ke dalam material pintu.

Pada furnitur, Anda bisa mengoleskan lapisan pernis atau semir untuk mencegah kelembapan masuk ke dalam lemari, kursi atau tempat tidur.

Sementara pada lantai kayu, pastikan untuk menjaga lantai tetap kering dan tidak lembap. Pilih sealant lilin yang mampu melindungi lantai dari air hujan selama 2 sampai 3 tahun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com