Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Potum Dukung Penyediaan Air Bersih di Kota Bitung

Kompas.com - 19/10/2021, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit bisnis PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI) di sektor air bersih, PT Potum Mundi Infranusantara (Potum) mendukung penyediaan air bersih di Kota Bitung.

Hal ini diwujudkan dengan penadatangaanan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Potum dengan PT Alam Wiratama Kencana (AWK) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dua Saudara Bitung, untuk program Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Nantinya SPAM di Kota Bitung ini akan memanfaatkan sumber air baku yang berada di Wilayah Kota Bitung.

Baca juga: Anak Usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk Kembangkan SPAM di Manado

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Potum, Donny P Suleiman, Direktur Utama AWK, William Nicolas Sompotan dan Direktur Utama PDAM Bitung, Raymond Luntungan.

Proses pendatanganan ini berlangsung pada Senin (18/10/2021) dan juga disaksikan oleh Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan Komisaris NI Johnny Lumintang.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Direktur PT Potum Donny P Suleiman mengatakan lewat proyek ini diharapkan kebutuhan masyrakat Bitung dapat tercapai.

“Saat ini pelayanan air bersih di Kota Bitung baru mencapai 200 liter per detik. Kami berharap melalui kerjasama ini bisa meningkatkan distribusi air bersih hingga 400 liter per detik," jelas Donny.

Proyek ini juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah setempat untuk menyediakan layanan air minum yang ramah lingkungan sesuai dengan aspek 3K yaitu, kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Kedepannya, proyek ini dapat menjadi investasi yang menguntungan dan juga bermanfaat bagi masyarakat, PDAM, Pemerintah Daerah, Kawasan Pelabuhan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta pemangku kepentingan lainnya di Wilayah Bitung & Sulawesi Utara.

Sampai dengan saat ini, Potum telah mengoperasikan tiga instalasi pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant (WTP) dengan total kapasitas 2.025 liter per detik.

Masing-masing instalasi WTP ini berada di PT Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) yang terletak di Serang, Banten; PT Dain Celicani Cemerlang (DCC) di Medan, Sumatera Utara; dan PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (TKCM) di Cikokol, Tangerang, Banten.

Air bersih yang dihasilkan ketiga WTP tersebut kemudian disalurkan melalui PDAM setempat untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com