Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nusantara Infrastructure Siapkan Rp 800 Miliar Bangun Tol Layang JORR

Kompas.com - 24/12/2020, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nusantara Infrastructure Tbk akan fokus pada proyek besar Tol Layang Jakarta Outer Ring Road (JORR) Ruas Cikunir-Ulujami pada Tahun 2021.

Megaproyek infrastruktur konektivitas ini diproyeksikan menelan dana investasi senilai 21,57 triliun.

Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure Tbk Ramdani Basri memastikan hal itu kepada Kompas.com, saat konferensi virtual, Rabu (23/12/2020).

"Bisnis infrastruktur konektivitas khususnya jalan tol merupakan arena permainan yang sangat menarik, karena banyak segmen yang belum terkoneksi. Padahal kunci bisnis jalan tol adalah konektivitas," terang Ramdani.

Dia melanjutkan, Perseroan akan berupaya menyambungkan satu ruas (tempat) dengan ruas lainnya dalam portofolio Perusahaan.

Baca juga: Rencana Tol Layang JORR Masuki Tahap Perizinan Lelang

Konektivitas ini merupakan kesempatan bagi PT Nusantara Infrastructure Tbk yang merupakan satu di antara segelintir perusahaan swasta yang bermain di jalan tol.

Oleh karena itu, belanja modal atau capital expenditure (capex) Perseroan tahun 2021 akan dikonsentrasikan untuk merealisasikan proyek jalan bebas hambatan ini dengan nilai Rp 800 miliar.

"Angka sebesar ini merupakan bagian dari total capex Rp 1,5 triliun-Rp 2 triliun yang disiapkan untuk tahun 2021 dan akan dibelanjakan secara bertahap," imbuh Direktur PT Nusantara Infrastructure Tbk Danni Hasan.

Saat ini, kata Dani, Tol Layang JORR Ruas Cikunir-Ulujami yang dirancang sepanjang 22 kilometer tengah memasuki tahap perizinan lelang.

"Semoga kami bisa memenangi lelang ini," kata Dani.

Untuk diketahui, Tol Layang JORR Ruas Cikunir-Ulujami diprakarsai oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk bersama PT Triputra Utama Selaras (TUS), PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk. (ACST).

Guna merealisasikan tol ini, mereka sepakat membentuk perusahaan konsorsium bernama Jakarta Metro Expressway (JMEX).

Dalam rancangan kerjanya, Tol Layang JORR menghubungkan Ulujami-Pondok Indah-TMII-Jati Asih.

Kinerja keuangan

Sementara, hingga September 2020 Perseroan mencatatkan pendapatan dan penjualan operasional sebesar Rp 373.4 miliar.

Kontribusi terbesar bersumber dari sektor jalan tol Rp 236.3 miliar atau setara dengan 63.3 persen total pendapatan dan penjualan usaha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com