Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peruri Properti Kembangkan Kawasan Multifungsi Palatehan Jakarta

Kompas.com - 06/09/2021, 12:13 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Peruri melalui anak usahanya Peruri Properti melakukan pengoptimalan aset milik Peruri di Kawasan Palatehan, Jakarta Selatan.

Salah satu upayanya, Peruri Properti menggelar pameran karya sayembara gagasan masterplan optimalisasi aset milik Peruri di Kawasan Palatehan pada 3 September hingga 12 September 2021.

Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan sayembara gagasan masterplan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kawasan Peruri Palatehan menjadi kawasan multifungsi yang dinamis, kreatif, inovatif serta menjadi kawasan komersial yang unik di Jakarta Selatan.

Salah satu gagasan masterplan yang harus dilakukan adalah terintegrasi dengan public transportation seperti MRT, TransJakarta, bus kota dan alat transportasi lainnya sehingga hal tersebut dapat mendukung terwujudnya kawasan yang ramah lingkungan.

 Baca juga: M Bloc Space, Merayakan Kreativitas di Ruang Publik

"Sayembara Gagasan Masterplan Optimalisasi Aset Palatehan Peruri digelar untuk mewujudkan kawasan yang memiliki spirit global melalui pemanfaatan aspek teknologi serta digital sebagai pusat aktivitas, namun tetap mempertahankan nilai dan identitas bangsa Indonesia.” kata Dwina dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Senin (06/09/2021).

Sementara itu, Ketua Bidang Sayembara Arsitektur, Ruben Tangido mengatakan peserta yang mengikuti sayembara gagasan masterplan kali ini ada sebanyak 62 karya.

Dari 62 karya tersebut, panitia inti sayembara bersama tim juri menyeleksi karya peserta hingga telah ditentukan juara 1 sampai 3 serta juara harapan 1 dan 2.

"Para peserta sayembara kali ini juga dituntut untuk mampu menjawab tantangan tersendiri di antaranya tidak mengabaikan aspek bangunan cagar budaya Peruri," kata Ruben.

Tidak hanya berupa pameran, di dalam acara ini juga diselenggarakan talkshow bertajuk Ngobras (ngobrolin sayembara) pada Jumat, 3 September 2021 dan Tekab (Tentang Kebayoran Baru) pada Sabtu, 4 September 2021.

Talkshow selama dua hari ini diselenggarakan masih di dalam area M Bloc Space yaitu di Creative Hall mulai pukul 14.00 hingga 17.30 WIB.

Kawasan Peruri yang berada di kawasan Melawai (Blok M) ini dulunya memang sebagai pusat kegiatan anak muda, khususnya untuk kegiatan yang berhubungan dengan kesenian dan musik.

“Dalam bincang-bincang ini secara umum akan membawa para audiens untuk mengenang dan bernostalgia bersama serta harapannya dapat membawa kembali ‘kejayaan’ kawasan Blok M menjadi pusat kegiatan anak muda yang kreatif dan membawa nilai-nilai positif.” tutup Dwina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com