Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Rumah Betawi Ala Si Doel Dipermak Lebih Modern Saat Pandemi

Kompas.com - 21/07/2021, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat tentu tidak asing lagi dengan sinetron yang mengudara di salah satu stasiun televisi swasta tahun 1990-an, "Si Doel Anak Sekolahan".

Sinetron legendaris dengan tokoh utama Rano Karno dan mendiang Benyamin Sueb ini sangat melekat di benak banyak orang, sehingga dijuluki monster hit.

Melalui sinetron ini, masyarakat dikenalkan dengan beragam kebudayaan Betawi, mulai dari kehidupan harian, interaksi sosial, hingga celotehan unik dan kerap kali membuat pemirsa tertawa.

Salah satu hal yang paling ikonik dari sinetron ini adalah rumah tradisional Betawi yang menjadi latar utama.

Rumah bercat hijau dan kuning ini diceritakan sebagai rumah milik Babeh Sabeni (Benyamin Sueb) atau Bapak dari Si Doel (Rano Karno).

Baca juga: Pesona Arsitektur Tradisional untuk Rumah Masa Kini

Secara tampilan visual, rumah ini terlihat sederhana. Namun, materialnya menyatu dengan alam yakni didominasi papan dan kayu dengan banyak bukaan.

Tak mengherankan nuansa yang ditampilkan demikian teduh, tenang dan juga nyaman.

Di bagian halaman rumah, terdapat bangku dan meja serta bale yang biasa digunakan Babeh Sabeni sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati hari.

Jika rumah Betawi dibangun saat pandemi 

Bukan sesuatu yang aneh, jika hingga kini banyak orang yang terinspirasi dengan model dan desain rumah Betawi ala Si Doel tersebut.

Terlebih bagi orang yang ingin bernostalgia merasakan nuansa hidup pada masa lalu dengan memiliki rumah yang nyaman dan tenang.

Periset muda bidang sejarah dan teori arsitektur Rizki Dwika Aprilian mengatakan, membangun rumah adat Betawi ala Si Doel saat ini, dapat dilakukan dengan memanfaatkan material yang lebih modern dan kekinian.

Selain itu, Rizki juga menyarankan, Anda bisa mengombinasikan ragam model atau gaya arsitektur modern seperti Skandinavian, modern minimalis dan yang lainnya.

Baca juga: 7 Paduan Apik Desain Tradisional Jawa dan Modern

"Desain padu padan (eklektik) bisa dilakukan dengan banyak cara dan dengan look apa saja, mau Skandinavian look-kah, atau apa pun, asal masing-masing tampilan yang kita 'comot' punya benang merah yang sama. Misalnya kesamaan tone warna, material, dan sebagainya," tutur Rizki kepada Kompas.com, Selasa (20/07/2021).

Untuk membangun rumah Betawi dengan modifikasi, ada tiga proses yang harus diikuti, yakni:

1. Mempertahankan bentuk luar (cangkang)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com