Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klarifikasi dan Permintaan Maaf Ardhito Pramono soal Keramaian Tagar #IndonesiaButuhKerja

Kompas.com - 16/08/2020, 11:27 WIB
Ady Prawira Riandi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ardhito Pramono ikut menjadi sorotan ketika penolakan Omnibus Law RUU Cipta Kerja ramai diperbincangkan.

Pemeran Kale dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini tersebut menjadi salah satu selebritas yang ikut meramaikan tagar #IndonesiaButuhKerja di media sosial.

Baca juga: Minta Maaf atas Unggahan #IndonesiaButuhKerja, Ardhito Pramono Kembalikan Uang Bayaran

Lewat akun Twitter-nya, Ardhito Pramono akhirnya meminta maaf atas kegaduhan yang ditimbulkan dari tagar #IndonesiaButuhKerja.

1. Tak ada keterangan Omnibus Law

Dalam penjelasan yang dimuat di Twitter, Ardhito Pramono tak menampik dirinya mengampanyekan tagar #IndonesiaButuhKerja.

Namun sebelum menerima pekerjaan tersebut, ia sama sekali tak mendapat arahan bahwa video yang dibuatnya bersinggungan dengan Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

"Namun dalam brief yang saya terima dari publicist saya, tidak ada keterangan tentang Omnibus Law. Apakah saya bertanya sebelumnya? Ya, saya bertanya," tulis Dhito seperti dikutip Kompas.com dari Twitternya.

Baca juga: Soal Unggahan Tagar #IndonesiaButuhKerja, Ardhito Pramono: Saya Musisi, Bukan Buzzer

Dari pengalaman ini, pelantun lagu "Bitterlove" tersebut meminta maaf dan berjanji akan lebih memerhatikan lagi tawaran-tawaran pekerjaan ke depannya.

Atas ketidaktahuan dan seakan seperti nirempati ada mereka yang sedang memperjuangkan penolakan terhadap RUU ini, saya mohon maaf. Ke depan saya akan berusaha lebih berhati-hati dan peduli,” ucap Ardhito Pramono.

2. Saya musisi, bukan buzzer

Pada klarifikasi yang dibuat di Twitter, Ardhito Pramono menegaskan dirinya adalah murni musisi yang menerima pekerjaan dan bukan seorang buzzer.

Baca juga: Ardhito Pramono Minta Maaf soal Unggahan Tagar #IndonesiaButuhKerja

Sebagai musisi, Ardhito Pramono ingin dikenal karena karyanya bukan karena kontroversi seperti dalam permasalahan ini.

"Saya musisi. Bukan buzzer. Saya ingin memiliki pengaruh, tapi melalui musik yang saya buat. Terima kasih," tulisnya.

3. Siap kembalikan uang

Ardhito Pramono mengaku telah mengembalikan uang yang diterimanya untuk unggahan video kampanye tagar #IndonesiaButuhKerja.

Dhito mengembalikan uang tersebut semata karena ia tidak tahu bahwa videonya merupakan bagian dari dukungan untuk Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

Sementara di luar sana ada banyak ditolak pengesahannya karena dianggap merugikan dan menghilangkan hak-hak pekerja.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Bila - Ardhito Pramono

Atas permintaan maaf ini, hari ini saya sudah meminta publicist saya untuk mengembalikan pembayaran yang saya terima dari memposting tagar #IndonesiaButuhKerja,” tulis Ardhito Pramono.

Ardhito Pramono bukan satu-satunya selebritas yang menjadi sorotan karena tagar #IndonesiaButuhKerja.

Gritte Agatha, Fitri Tropika, Gading Marten, Gisella Anastasia, Cita Citata, Inul Daratista, Boris Bokir, hingga Gofar Hilman juga ikut menerima pekerjaan untuk mengampanyekan tagar #IndonesiaButuhKerja.

Baca juga: Sekuel Film NKCTHI Siap Digarap, Ardhito Pramono Kembali Perankan Kale

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com