Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Adanya Rayap di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan

Kompas.com - 21/04/2024, 07:40 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap adalah serangga berkoloni dan jenis hama yang paling berbahaya bagi properti.

Rayap dapat menyebar dengan sangat cepat serta merusak benda atau permukaan kayu tanpa waktu lama, bahkan merusak struktur bangunan. 

Baca juga: 6 Cara Mencegah Rayap Memakan Pakaian

Selain itu, rayap dapat berkembang biak dengan cepat dan populasi lebih pesat. Dengan jumlah rayap yang besar, risiko kerusakan akan jauh lebih besar dan cepat.

Maka itu, penting segera membasmi rayap dari rumah dan melakukan pencegahan agar rayap tidak berkembang biak serta bersarang di rumah.

Namun, sebelum membasmi rayap, perlu mengenali tanda-tanda keberadaannya untuk mengambil langkah tepat.

Dikutip dari Best Life Online, Minggu (21/4/2024), berikut sejumlah tanda adanya rayap di rumah yang tidak boleh diabaikan. 

Baca juga: Cara Membasmi Rayap dari Rumah dengan Garam

Keberadaan tabung lumpur

Ilustrasi rayap menggerogoti kusen jendela.Shutterstock/Attapon Thana Ilustrasi rayap menggerogoti kusen jendela.
Menurut Codey Stout, ahli pencegahan rayap dan Manajer Operasi di Tree Triage, tabung lumpur berwarna kecoklatan adalah indikasi pasti bahwa rumah telah terinfestasi rayap.

Burns Blackwell, CEO Terminix-Triad di Greensboro, North Carolina, Amerika Serikat, mengatakan tabung lumpur ini berfungsi sebagai jalur masuk ke sarang rayap di bawah tanah serta membantu menciptakan kondisi lingkungan yang ideal dengan menghalangi udara dingin dan kering.

Jack Miller, pakar pengendalian hama dan pendiri How I Get Rid Of, menggambarkan tabung lumpur sebagai jejak yang menyerupai debu coklat.

"Tabung ini biasanya dapat ditemukan di area tertentu di rumah. Jika Anda melihat tabung lumpur berukuran pensil yang naik dari tanah dan melewati dinding pondasi, ruang bawah tanah, atau ruang merangkak, ini menandakan rumah telah menjadi habitat baru bagi rayap," ucap Blackwell. 

Baca juga: Cara Membasmi Rayap dari Furnitur Kayu

Korsleting listrik

Selanjutnya, tanda adanya rayap di rumah adalah korsleting listrik.

Nicolas Holan, ahli hama dan Manajer Konten di Goose Smurfs, menjelaskan seringnya korsleting listrik dapat menunjukkan adanya tabung lumpur yang dibuat rayap di sekitar aliran listrik di rumah. 

“Jika Anda sering mengalami korsleting listrik yang tidak biasa, ini mungkin disebabkan rayap. Rayap tertarik pada panas yang dihasilkan sambungan listrik,” jelas Holan.

Jika hal ini terjadi, pastikan memeriksa kabel listrik untuk melihat apakah kabel listrik di rumah aman dari serangan rayap. 

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda Adanya Rayap di Rumah dan Cara Membasminya

Jendela menjadi kaku dan sulit dibuka

Ilustrasi rayap. SHUTTERSTOCK/PLEW KOONYOSYING Ilustrasi rayap.
Menurut Ryan Smith,spesialis pengendalian hama dan pemilik Ant & Garden Organic Pest Control, jendela yang kaku juga dapat menjadi tanda adanya rayap di rumah, terutama jika kusen jendela terbuat dari kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com