Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2022, 08:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi pencinta buku, kehadiran rayap di dalam rumah bisa menjadi malapetaka tersendiri, terutama jika mereka sudah terlihat di rak buku.

Sebab, rayap terkenal dapat merusak buku dengan menggerogoti setiap halamannya. Walhasil, setiap lembar pada buku bisa hilang, tinggal separuh halaman, atau memiliki banyak lubang.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Serangan Rayap pada Material Kayu di Rumah

Buku pun terpaksa dibuang karena sudah tidak bisa dibaca kembali. Namun, terkadang masih ada beberapa buku yang belum dimakan rayap yang masih bisa diselamatkan.

Disadur dari How to Murder Pests, Rabu (5/10/2022), ada cara membasmi rayap dari rak buku agar sisa-sisa buku aman dari kerusakan yang bisa diikuti, yakni sebagai berikut.

1. Perhatikan tanda serangan rayap

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/PICKAWOOD Ilustrasi rak buku di rumah.

Serangan rayap pada buku dapat dilihat dengan mudah. Bahkan, mereka tidak membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk terlihat layaknya pada furitur.

Beberapa tanda serangan rayap mencakup halaman pada buku menering dan menguning, tepian halaman dan sampul buku bergerigi atau kasar, ada lubang di halaman, dan ada lapisan seperti pasir di halaman.

2. Kosongkan rak buku

Apabila terlihat tanda-tanda serangan rayap, segera kosongkan rak buku. Keluarkan seluruh buku, simpan buku-buku yang masih bagus, dan bersihkan rak dengan penyedot debu.

Untuk rak buku yang menempel pada dinding, bersihkan juga bagian belakang rak. Setelah itu, semprotkan semprotan antirayap ke seluruh permukaan rak buku.

Baca juga: Curiga Ada Rayap di Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini

3. Periksa titik masuk rayap

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah ada lubang atau tonjolan di seluruh permukaan rak buku. Sebab, mereka adalah titik masuk para rayap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com