Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2024, 17:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna retro kini kembali populer. Warna retro bisa membangkitkan kenyamanan, keakraban, dan rasa gembira. 

Skema warna retro juga bisa memberikan rasa hangat di dalam rumah. Hal itulah yang membuat banyak pemilik rumah tertarik untuk menghias rumahnya dengan warna-warna retro

Lantas, apa saja warna-warna retro yang cocok untuk dekorasi rumah? Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (25/3/2024), berikut beberapa warna retro yang cantik dan menarik. 

Baca juga: 7 Warna Retro yang Kembali Jadi Tren Desain Interior, Apa Saja?

Ungu muda

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat ungu mudaShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat ungu muda

Warna ungu muda yang memiliki rona merah jambu kembali populer. Warna ini berasal dari tahun 80-an. 

Warna ungu muda masa kini menghadirkan kesan canggih di ruang tamu, ruang makan, dan banyak ruangan lain. Untuk memberikan kesan modern pada warna ini, pilihlah warna jenuh dan kehitaman dibandingkan warna pastel. 

Krem

Selain ungu muda, krem juga tergolong sebagai warna retro yang cantik dan menarik. Warna ini sempat populer di sepanjang tahun 90-an dan aal 2000-an. 

Warna netral yang segar dan sejuk ini bisa menghadirkan kesan nyaman di interior masa kini. Kombinasikan warna krem dengan biru atau warna tanah liat yang kaya untuk skema warna santai yang terinspirasi dari alam. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Keluarga dengan Warna Krem

Biru denim

Warna biru denim juga kembali populer dan banyak digunakan sebagai warna cat dinding. Warna retro ini memiliki daya tarik abadi yang memberikan kesan nyaman. 

Di kamar tidur dan kamar mandi, biru denim bisa menciptakan suasana tenang yang cocok untuk relaksasi. 

Hijau alpukat

Jika menyukai warna hijau, maka jenis hijau alpukat bisa menjadi pilihan. Warna ini pernah populer pada tahun 1960-an dan 70-an. 

Warna hijau alpukat memberikan kesan bersahaja. Warna ini cocok digunakan untuk menghias dapur karena bisa memberikan kesan dramatis. 

Pilihlah hijau alpukat dengan campuran abu-abu untuk mendapatkan warna retro yang terkena netral. 

Baca juga: 4 Warna yang Tidak Cocok Dikombinasikan dengan Warna Hijau

Kuning

ilustrasi dapur berwarna kuning cerahShutterstock/Sunshower Shots ilustrasi dapur berwarna kuning cerah

Interior bergaya tahun 70-an banyak menggunakan warna cerah seperti kuning. Saat ini, warna kuning kembali populer dan banyak digunakan untuk mendekorasi ruangan. 

Untuk memberikan sentuhan segar, tingkatkan intensitas warna kuning dengan warna lemon yang cerah. 

Putih hangat

Terakhir, warna retro yang cantik dan menarik yaitu putih hangat. Warna putih hangat kini banyak disukai dibandingkan putih cerah. 

Warna putih hangat memberikan kesan lembut. Sementara itu, untuk menambah suasana hangat, pilihlah warna putih dengan rona merah atau kuning yang halus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com