Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Barang Rumah Tangga yang Dapat Dibersihkan dengan Lemon

Kompas.com - 14/03/2024, 08:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon termasuk dalam jenis buah citrus yang memiliki banyak kegunaan. Lemon biasa digunakan untuk menambah rasa pada berbagai hidangan serta diolah menjadi minuman segar. 

Lemon juga sering dimanfaatkan untuk kesehatan serta kecantikan lantaran kandungan vitamin C yang tinggi. 

Baca juga: 5 Cara Menanam Lemon dari Biji, Bisa Dilakukan di Rumah

Selain hal tersebut, lemon memiliki sejumlah manfaat sebagai pembersih. Kandungan asam sitrat yang melimpah dalam lemon dapat berfungsi sebagai bahan pembersih untuk proyek-proyek di rumah. 

Asam sitrat adalah asam organik alami dan kuat dengan sifat antibakteri, dan antiseptik. Hal ini membuat lemon efektif membersihkan minyak, kotoran, dan noda serta membantu melarutkan endapan mineral dan karat.

Sama dengan sifat pembersih ajaib dari baking soda dan cuka putih, lemon adalah larutan pembersih alami yang bagus serta efektif. 

Tak hanya itu, lemon merupakan bahan pemutih alami serta mampu menghilangkan bau tak sedap. Ditambah, lemon memiliki harga jauh lebih murah dibanding membeli produk pembersih.

Nah, dilansir dari Tom's Guide, Kamis (14/3/2024), berikut sejumlah barang rumah tangga yang dapat dibersihkan dengan lemon

Baca juga: Cara Menanam Lemon dari Biji dengan Mudah

Perlengkapan di kamar mandi

Ilustrasi membersihkan kamar mandi.SHUTTERSTOCK/UCCHIE79 Ilustrasi membersihkan kamar mandi.
Lemon sangat bagus mengatasi kerak kapur di sekitar keran kamar mandi atau shower. Cukup usapkan potongan lemon ke keran air, saluran air, dan lainnya untuk menghilangkan noda air sadah.

Setelah itu, bilas dan keringkan secara menyeluruh. Ini akan membuatnya segar dan berkilau. Namun, hindari menggunakan lemon pada keran air berlapis emas karena dapat merusak atau mengubah warna permukaan.

Lemon juga ampuh menghilangkan noda pada pintu kaca kamar mandi dan sisa sabun di sekitar bathtub atau shower.

Cukup oleskan air perasan lemon pada spons atau encerkan air perasan emon dengan air ke dalam botol semprot, lalu disemprotkan ke permukaan yang ingin dibersihkan, dan biarkan selama satu menit sebelum dibersihkan dengan kain lembap. 

Baca juga: 10 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Lemon dan Caranya

Microwave 

Selanjutnya, barang rumah tangga yang dapat dibersihkan dengan lemon adalah microwave. Microwave  rentan terkena tumpahan makanan, noda minyak, dan remah-remah makanan.

Untuk membersihkannya, isi mangkuk atau gelas ukur tahan microwave dengan 100 mililiter air dan 200 mililiter perasan lemon.

Kemudian panaskan larutan tersebut di dalam microwave selama tiga menit, lalu diamkan selama lima menit.

Biarkan pintu microwave tetap tertutup agar uap dapat melepaskan sisa makanan atau lemak yang mengeras, kemudian bersihkan bagian dalam microwave dengan kain lembap. 

Baca juga: 7 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah, Hilangkan Noda dan Bau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com