Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, sebagian besar produk pembersih pakaian yang dijual di pasaran sarat dengan bahan kimia.

Namun, terkadang noda membandel pada pakaian membuat Anda benar-benar tidak memiliki pilihan untuk menggunakan penghilang atau pembersih noda alami. 

Baca juga: 6 Manfaat Lemon untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Padahal, ada bahan alami di rumah yang dapat membersihkan pakaian dari noda, misalnya lemon. Lemon mengandung asam yang cukup kuat untuk membersihkan dan memutihkan segala sesuatu, termasuk pakaian. 

Selain itu, lemon juga ampuh membersihkan sejumlah benda dan noda. Nah, dikutip dari How Stuff Works, Senin (15/5/2023), berikut ragam manfaat lemon untuk membersihkan benda di rumah. 

Alternatif pemutih pakaian

Ilustrasi mencuci pakaian putih, menjemur pakaian putih.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi mencuci pakaian putih, menjemur pakaian putih.
Jika merasa pakaian putih Anda tidak lagi bersih, kilaukan kembali dengan sedikit perasaan air lemon. Ini bisa menjadi alternatif pemutih yang bagus dan memberi kesegaran pada pakaian

Asam sitrat dalam lemon membantu memecah noda serta membuat warna putih yang kusam kembali cerah.

Berbeda dengan pemutih, air perasaan lemon juga aman untuk pakaian warna. Cukup tambahkan 236 mililiter air perasan lemon ke dalam cucian bersama dengan detergen yang biasa digunakan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Durian di Kulkas, Pakai Lemon hingga Kopi

Menghilangkan noda karat

Selanjutnya, manfaat lemon untuk membersihkan benda di rumah adalah menghilangkan noda karat. Pemutih ampuh menghilangkan noda cokelat, saus tomat, dan kopi, tapi tidak dengan noda karat.

Penggunaan pemutih hanya membuat noda karat menjadi lebih permanen. Untungnya, air perasan lemon bisa membantu menghilangkan noda karat pada pakaian putih.

Untuk memanfaatkannya, rebus air di dalam ketel teh atau di atas kompor dan basahi noda karat dengan air perasan lemon.

Pegang bagian yang terkena noda langsung di atas uap selama beberapa menit, berhati-hatilah agar tidak terkena uap panas, kemudian cuci pakaian seperti biasa. 

Baca juga: 9 Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah, Pakai Cuka hingga Lemon

Menghilangkan noda jus 

Ilustrasi lemon. Shutterstock/Alexeysun Ilustrasi lemon.
Sebagian besar pakaian anak bisa dimasukkan ke mesin cuci, tapi tidak dengan baju yang terkena noda jus. 

Untungnya, campuran 78 mililiter air perasaan lemon dengan 157 mililiter air akan menghilangkan noda jus tersebut. Cukup rendam noda dalam larutan ini, kemudian cuci pakaian kembali seperti biasa.  

Baca juga: 4 Penyebab Daun Tanaman Lemon Menguning dan Cara Mengatasinya

Pasta noda jamur dan lumut

Manfaat lemon untuk membersihkan benda di rumah lainnya adalah menghilangkan jamu dan lumut. Jamur dan lumut senang sekali tinggal di bahan organik, seperti kain, kertas, dan kulit.

Jika Anda tinggal di lingkungan lembap atau rumah tanpa aliran udara yang baik, pasti akan menemukannya cepat atau lambat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com